PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF UNTUK MELATIH KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA (IMPLEMENTATION OF INDUCTIVE LEARNING MODEL FOR STUDENT’S METACOGNITIVE SKILLS ON BUFFER MATERIAL)

  • NUR FAIDA FITRI APRILIANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar siswa. Terdapat dua hubungan yakni hubungan skor metakognitif  1 dengan skor kognitif posttest pada pertemuan 1 dan hubungan skor metakognitif  2 dengan skor kognitif posttest pada pertemuan 2. Data skor metakognitif dan skor kognitif siswa digunakan untuk melihat adakah hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar yang diperoleh dengan mencari besarnya pengaruh setiap skor metakognitif terhadap skor kognitif siswa. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan satu kelompok subjek yang diberi perlakuan penerapan model pembelajaran induktif. Instrumen yang digunakan adalah soal kognitif posttest yang telah disesuaikan dengan tahapan model pembelajaran induktif dan strategi metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memiliki keterampilan metakognitif sehingga dapat mencapai ketuntasan belajar dengan korelasi sebesar 1,000 dan 0,941.

Kata Kunci: Keterampilan metakognitif, hasil belajar, model pembelajaran induktif, larutan penyangga.

This study aims to describes the relationship between metacognitive skills to students learning. There are two relationship that the score metacognitive 1 with posttest cognitive score at the first meeting and the score metacognitive 2 with posttest cognitive score at the second meeting. Data metacognitive score and cognitive score of students used to the relationship between metacognitive skills by learning study obtained by finding the magnitude of the effect of the effect of metacognitive score of students with cognitive scores. Data were analyzed statistically using correlation formula. This study used pre-eksperimental method that used in one group subject that will  be treated with the implementation of inductive learning models. The instruments that used is a matter of cognitive posttest has been adapted to the stage models of inductive learning and metacognitive strategies. Result of the research showed that studentshave already using their metacognitive skill so it can measure in mastery learning with correlation 1,000 and 0,915.

Keywords: Metacognitive skills, learning outcomes, inductive learning model,

buffer material.

 

Published
2014-06-05
Abstract Views: 214
PDF Downloads: 341