STUDY KOMPETENSI GURU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SOSIAL DI SMA NEGERI 17 SURABAYA
Abstract
Kompetensi guru merupakan faktor penting yang perlu di perhatikan guna
meningkatkan mutu pendidikan, yang dimungkinkan faktor tersebut dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui besarnya pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap hasil belajar
siswa. Dalam penelitian ini digunakan 40 sampel dari 3 kelas XI Sosial yang
masing – masing diambil secara random sampling dari XI Sosial I 15 siswa, XI
Sosial II 15 siswa dan XI Sosial III 10 siswa dalam 84 populasi.
Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan
komputer program SPSS 10.0 for windows sehingga diketahui ada pengaruh yang
signifikan dan tergolong sangat kuat antara Kompetensi Guru (X) dengan Hasil
Belajar Siswa (Y) yaitu sebesar 0.000. Selanjutnya untuk mengetahui kuatnya
pengaruh variabel independen dan variabel dependen secara simultan, maka
digunakan rumus regresi linier sederhana, sehingga diketahui ada pengaruh yang
tergolong sangat kuat antara variabel X dan variabel Y sebesar 0.500. Dari nilai
Koefisien Determinasi diketahui ada pengaruh sebesar 50% antara variabel
independen dan variabel dependen dan yang 50% disebabkan oleh variabel lain
(selain variabel X1 dan X2). Dan dari hasil perhitungan uji F menunjukkan bahwa
Fhitung > Ftabel (0,707 > 0,312) yang berarti pengaruh variabel independen dan
variabel dependen meyakinkan (signifikan)
Simpulan dari penelitian ini bahwa pengaruh kompetensi guru ekonomi
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI Sosial di SMA
Negeri 17 Surabaya mempunyai hubungan yang sangat kuat dan meyakinkan
Kata Kunci : Kompetensi Guru, Hasil Belajar
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 91