PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEMPATAN KERJA TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN DI KABUPATEN SIDOARJO

  • MIMI HARDINI

Abstract

Abstrak

Sidoarjo adalah kabupaten yang strategis di kawasan Gerbang Kertasusila dan merupakan sebuah wilayah  di Provinsi Jawa  Timur yang mempunyai beberapa faktor pendukung diantaranya infrastruktur dan  utilitas  yang  baik, serta sebagai kota industri, perdagangan dan jasa yang didukung dengan kegiatan perikanan dan pertanian yang maju. Hal ini berdampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten Sidoarjo dan pengaruhnya dalam meningkatkan kesempatan kerja dan mengurangi tingkat pengangguran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis  pengaruh  variabel  independen  Pertumbuhan Ekonomi dan Kesempatan Kerja terhadap  variabel  dependen Tingkat Pengangguran di Kabupaten Sidoarjo.  Penelitian  ini menggunakan data sekunder, Sedangkan dalam penelitian ini, populasinya adalah pertumbuhan ekonomi ,kesempatan kerja dan tingkat pengangguran di kabupaten Sidoarjo. Sampel yang diteliti terbagi atas 18 Kecamatan, 322 Desa dan 31 Kelurahan yang ada di Kabupaten Sidoarjo pada kurun waktu 2007-2014. Menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo tergolong tinggi. Secara signifikan berpengaruh terhadap penyerapan kesempatan kerja. Sementara  itu  Pertumbuhan Ekonomi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Tingkat Pengangguran.

Kata kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Tenaga Kerja, Pengangguran

 

Abstract

Sidoarjo is a district located in the region Kertasusila Gate and is a region in East Java province which has several contributing factors including good infrastructure and utilities, as well as a city of industry, trade and services are supported by fishing and agricultural activities forward. This is a major impact on economic growth in Sidoarjo and its influence in promoting employment and reducing unemployment. The purpose of this study was to analyze the influence of independent variables Economic Growth and Employment on the dependent variable Unemployment in Sidoarjo. This study uses secondary data, while in this study, the population is economic growth, employment and the unemployment rate in the district of Sidoarjo. The samples studied is divided into 18 subdistricts, 322 villages and 31 urban village in the district of Sidoarjo in the period 2007-2014. Using multiple linear regression analysis. These results indicate that economic growth in Sidoarjo regency is high. Significantly affect the absorption of employment. Meanwhile Growth does not have a significant effect on the unemployment rate.

Keywords :Economic Growth, Employment, Unemployment

 

Published
2017-01-13
How to Cite
HARDINI, M. (2017). PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEMPATAN KERJA TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN DI KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(1). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 584
PDF Downloads: 5260