PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MANAJEMEN KELAS X SMA NEGERI 16 SURABAYA

  • AINUN NAJIB

Abstract

Upaya peningkatan pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) dengan teknik Mind Mapping. Dengan tujuan penelitian (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, (2) mendeskripsikan hasil belajar, (3) mendeskripsikan respon siswa menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan,yaitu: (1)perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan;(3)observasi tindakan;dan (4)refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 16 Surabaya TahunPelajaran 2016/2017 semester genap. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborator bersama dengan guru mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, teknik evaluasi atau tes, dan angket. Hasil penelitian ini yaitu penerapan pendekatan contextual Teaching and Learning dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 16 Surabaya.
Kata Kunci : Pendekatan CTL, Mind Mapping, Hasil Belajar

Published
2017-07-24
How to Cite
NAJIB, A. (2017). PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MANAJEMEN KELAS X SMA NEGERI 16 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 43