PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MANAJEMEN KELAS X SMA NEGERI 16 SURABAYA
Abstract
Upaya peningkatan pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) dengan teknik Mind Mapping. Dengan tujuan penelitian (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, (2) mendeskripsikan hasil belajar, (3) mendeskripsikan respon siswa menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan,yaitu: (1)perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan;(3)observasi tindakan;dan (4)refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 16 Surabaya TahunPelajaran 2016/2017 semester genap. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborator bersama dengan guru mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, teknik evaluasi atau tes, dan angket. Hasil penelitian ini yaitu penerapan pendekatan contextual Teaching and Learning dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 16 Surabaya.
Kata Kunci : Pendekatan CTL, Mind Mapping, Hasil Belajar
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 43