PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA

Authors

  • DESTA RIANTARI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%25p

Abstract

Media permainan tebak kata yaitu permainan yang mampu mengolah ingatan siswa serta kekompakan antar siswa dalam berkelompok. Tujuan penelitian ini mengetahui pengembangan media permainan tebak kata, kelayakan media permainan tebak kata, dan respon peserta didik terhadap media permainan tebak kata.Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagrajan, yang dilakukan hingga tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan pada SMA 1 Negeri Porong yang di uji cobakan pada 20 peserta didik.Penelitian menggunakan metode pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif dan hasil data yang diperoleh menggunakan skor skala Likert dan Guttman. Dari hasil penelitian, menunjukkan presentase dari ahli materi yang didapat sebesar 87% dan ahli media sebesar 88%. Dari angket yang di uji cobakan terhadap 20 peserta didik sebesar 96,5%. Dapat disimpulkan bahwa media permainan tebak kata layak untuk digunakan sebagai media pembalajaran pada materi kerja sama ekonomi internasional.

Kata Kunci: Tebak Kata, Model 4-D, Media Pembelajaran, Respon Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-27

How to Cite

RIANTARI, D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 270 , PDF Downloads: 682