PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA
Abstract
Media permainan tebak kata yaitu permainan yang mampu mengolah ingatan siswa serta kekompakan antar siswa dalam berkelompok. Tujuan penelitian ini mengetahui pengembangan media permainan tebak kata, kelayakan media permainan tebak kata, dan respon peserta didik terhadap media permainan tebak kata.Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagrajan, yang dilakukan hingga tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan pada SMA 1 Negeri Porong yang di uji cobakan pada 20 peserta didik.Penelitian menggunakan metode pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif dan hasil data yang diperoleh menggunakan skor skala Likert dan Guttman. Dari hasil penelitian, menunjukkan presentase dari ahli materi yang didapat sebesar 87% dan ahli media sebesar 88%. Dari angket yang di uji cobakan terhadap 20 peserta didik sebesar 96,5%. Dapat disimpulkan bahwa media permainan tebak kata layak untuk digunakan sebagai media pembalajaran pada materi kerja sama ekonomi internasional.
Kata Kunci: Tebak Kata, Model 4-D, Media Pembelajaran, Respon Siswa
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 534