PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 18 SURABAYA

  • CINTYA SEPTIANA ANDRI ASTUTIE

Abstract

Banyaknya siswa yang hasil belajarnya pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Negeri 18 Surabaya
tidak mencapai ketuntasan minimum merupakan kendala yang dialami oleh para siswa kelas X dan guru. Gaya
mengajar sangat beragam dan diperlukan dalam pembelajaran. gaya mengajar dianggap penting guna meningkatkan
hasil belajar siswa di kelas. Seorang guru harus kreatif dan kritis pada gaya mengajar agar suasana kelas kondusif.
Suasana yang menjenuhkan dapat mengurangi minat siswa untuk melakukan pembelajaran di kelas yang berdampak
penurunan hasil belajar siswa. Selain itu gaya belajar siswa juga berperan penting dalam peningkatan hasil belajar.
Dengan gaya belajar, siswa dapat lebih mudah dan nyaman dalam memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 18 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah
penelitian korelasional, yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel  gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa di kelas X SMA Negeri 18 Surabaya. Pendekatan
penelitian ini adalah kuantitatif, dengan mengolah data-data berupa nilai ulangan harian siswa, serta penjabaran
angket  gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa dalam bentuk angka. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil
bahwa gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa mempengaruhi hasil belajar siswa di SMA Negeri 18 Surabaya.  
Kata kunci : Gaya Mengajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar

Published
2013-08-07
How to Cite
SEPTIANA ANDRI ASTUTIE, C. (2013). PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 18 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v1n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 727
PDF Downloads: 1035