Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Pajak, dan Tax Morale Terhadap Niat Untuk Patuh Calon Wajib Pajak

  • Katarina Aprila Sumule Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Teguh Erawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Tax knowledge, tax socialization, tax morale, tax compliance

Abstract

This study aims to determine the effect of tax knowledge, tax socialization, and tax morale on the intention to comply with prospective taxpayers. This study uses primary data through a questionnaire. The sample in this research is active students of the Accounting Study Program batch 2019 to 2021 at the Tamansiswa University of Yogyakarta. The sample technique used is Convenience Sampling. The number of samples in this study were 100 respondents. The results showed that knowledge of taxation had a positive effect on the intention to comply with prospective taxpayers, tax socialization had no effect on the intention to comply with prospective taxpayers, and tax morale had a positive effect on the intention to comply with prospective taxpayers.

References

Azizah, F. (2020). Pengaruh Sanksi Pajak dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Usaha (Studi Kasus KPP Pratama Pare). JFAS : Journal of Finance and Accounting Studies, 1(1), 33–45. https://doi.org/10.33752/jfas.v1i1.169

Damayanti, S. (2012). APA KATA MEREKA? PENGETAHUAN, SIKAP, NIAT PATUH CALON PELAKU PAJAK Theresia Woro Damayanti Supramono. 1–12.

DDTCNews, R. (2019). Persepsi Terhadap Pajak Jadi Penentu Kepatuhan. https://news.ddtc.co.id/persepsi-terhadap-pajakjadi-penentu-kepatuhan--15986

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamim, M. (2019). PENGARUH TAX AWARENESS DAN TAX MORALE TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI KOTA MALANG SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Gelar Sarjana Pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Khasanah, S. N. (2014). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi.

Layata, S. (2014). Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Pajak Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Lesmana, D., Panjaitan, D., & Maimunah, M. (2018). Tax Compliance Ditinjau dari Theory of Planned Behavior (TPB): Studi Empiris Pada Wajip Pajak Orang Pribadi dan Badan yang Terdaftar Pada KPP di Kota Palembang. InFestasi, 13(2), 354. https://doi.org/10.21107/infestasi.v13i2.3514

Lestari, D. I. Z. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Pemoderasi.

Rahayu, P. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Hotel Dalam Membayar Pajak Hotel. Jom FEKON.

Setyorini, C. T. (2016). The Influence of Tax Knowledge, Managerial Benefit and Tax Socialization Toward Taxpayer’s Willingness to Pay SME’s Tax. Acta Universitatis Danubius : Oeconomica, 12(5), 96–107.

Suardana, K. P., & Gayatri, G. (2020). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan dan Perhitungan Tarif Pajak pada Kepatuhan Pajak Mahasiswa Pelaku UMKM. E-Jurnal Akuntansi, 30(9), 2311. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i09.p11

Suryani, L., & Yushita, A. N. (2017). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Persepsian Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Niat Mematuhi Pajak sebagai Variabel Pemoderasi. Journal.Profita, 986(5), 1–20.

Torgler, B., & Schaltegger, C. A. (2005). Tax Morale and Fiscal Policy. Center for Research in Economics, Management and the Arts Tax, 2005–30, 1–34. https://www.researchgate.net/publication/5010351%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/254401010%0Ahttp://w.crema-research.ch/papers/2005-30.pdf

Utami, S. (2018). Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi.

Wardani, D. K., Primastiwi, A., & Ramadhan, S. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Niat untuk Mematuhi Kewajiban Perpajakan Calon Wajib Pajak dengan Kesadaran Pajak sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana, 8(1). https://doi.org/10.35137/jabk.v8i1.486

Wardani, D. K., & Rahmadini, F. N. (2022). Pengaruh Pengetahuan Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Niat Untuk Patuh Calon Wajib Pajak. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(2), 108–113.

Wardani, D. K., & Wati, E. (2018). PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19358

Wijayanti, A., & Ekowati, L. (2022). Pengaruh Pendidikan Pajak dan Pengetahuan Pajak terhadap Persepsi Mahasiswa tentang Kepatuhan Perpajakan (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Akuntansi …. … Akuntansi Dan Manajemen PNJ. http://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/snampnj/article/view/5701

Yulsiati, H. (2019). Analisis Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan Dan Pemahaman Peraturan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Jurnal Akuntanika.
Published
2023-09-04
How to Cite
Sumule, K., & Erawati, T. (2023). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Pajak, dan Tax Morale Terhadap Niat Untuk Patuh Calon Wajib Pajak. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(3), 273-280. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n3.p273-280
Section
Articles
Abstract Views: 165
PDF Downloads: 275