PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PART PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLABASKET

  • SUCI RAHMATUL NAVIDHIYA RAMADHAN

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani adalah pendidikan mengajarkan tentang gerak untuk meningkatkan kebugaran setiap peserta didik sehingga dalam proses pembelajaran peseta didik dapat belajar dengan baik. Dalam penelitian ini peneliti lebih berfokus pada shooting two point. Karena pada saat observasi masih banyak siswa yang belum bisa melakukan shooting, dan shooting two point lebih memudahkan siswa melakukan pembelajaran dikarenakan jarak dari ring dengan tempat shooting tidak terlalu jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar shooting bola basket dengan menggunakan metode part practice 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hasil belajar shooting bola basket dengan menggunakan metode part practice. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kota Probolinggo sebanyak 29 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu suatu “penelitian yang dilakukan secara ketat untuk mengetahui hubungan sebab akibat diantara variabel. Sasaran penelitian ini yaitu seluruh siswa klas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kota Probolinggo. Pengambilan data dilakukan dengan mengisi angket dan pengambilan video pembelajaran. Uji statistik yang digunakan adalah mean, standar deviasi, varian, uji normalitas, uji-T, dan dibantu dengan software SPSS. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket pengetahuan permainan bola basket. Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar shooting bola basket melalui metode pembelajaran part practice pada siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 2 Kota Probolinggo. Dibuktikan dengan hasil t-hitung NKPRE-NKPOST -17.361> t-tabel 2160 dengan taraf signifikan 0.000, NKPREK-NKPOSTK dengan nilai t-hitung-20.045 > t-tabel 2144 dengan taraf signifikan 0.000, NPPREK-NPPOSTK dengan nilai hasil t-hitung -20.662 > t-tabel 2144, NPPOST-NPPRE memiliki data tidak normal maka data tersebut dilakukan perhitungan menggunakan Wilcoxon yang mempunyai nilai signifikan .001, dan Z -3.317b. .Besarnya pengaruh untuk ketuntasan hasil belajar shooting bola basket melalui metode pembelajaran part practice dengan perhitungan presentase peningkatan untuk nilai keterampilan sebesar 59%. Sedangkan nilai akhir pada nilai pengetahuan kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 50%, dan peningkatan pada nilai keterampilan kelompok kontrol sebesar 54%.

Kata Kunci: metode part practice, shooting

Abstract

Physical education is education teaches about the motion to improve the fitness of each learner so that in the learning process learners can learn better. In this study the researchers focused more on shooting two points. Because at the time of observation there are still many students who have not been able to do shooting, and shooting two points easier for students to do learning because the distance from the ring with the shooting is not too far away.The purpose of this study is 1. To determine the effect of learning results shooting basketball by using the part practice method 2. To find out how much influence the learning results shooting basketball by using the method of practice. The target of this research is the students of class XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kota Probolinggo as many as 29 students.The type of research used is experimental research that is a "research conducted strictly to determine the causal relationship between variables. Target of this research is all student of class XI IPA 1 SMA Negeri 2 Town Probolinggo. Data collection is done by filling in questionnaires and taking video lessons. The statistical tests used were mean, standard deviation, variant, normality test, T-test, and assisted with SPSS software. While the process of data retrieval is done by using questionnaire knowledge of basketball game.There is a significant influence on the improvement of basketball shooting learning outcomes through the method of part practice learning in the students of grade XI IPA 1 in SMA Negeri 2 Kota Probolinggo. Proved with result of t-count NKPRE-NKPOST -17.361> t-table 2160 with significant level 0.000, NKPREK-NKPOSTK with t-count value-20.045> t-table 2144 with significant level 0.000, NPPREK-NPPOSTK with value of t-count -20.662> t-table 2144, NPPOST-NPPRE has abnormal data then the data is calculated using Wilcoxon which has significant value .001, and Z -3.317b. The amount of influence for the completeness of learning results shooting basketball through the method of learning part practice with the percentage of the increase for skill score of 59%. While the final score on the control group knowledge score increased by 50%, and an increase in the control group skill score of 54%.

Keywords: part practice method, shooting


Published
2018-07-24
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 29