Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar passing bawah pada permainan bolavoli studi pada siswa kelas VII di SMPN 59 Surabaya

  • GRAHANI ERIEN MEGA PUTRI

Abstract

Abstrak

Pendidikan asmani, Olahraga dan Kesehatan siswa mendapatkan materi permainan bolavoli. Salah satu teknik dasar permainan bolavoli yaitu passingbawah.Untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar passing bawah bolavoli diperlukan metode pembelajaran yang tepat salah satunya pemberian reward and punishment. Pada kegiatan belajar mengajar metode pembelajaran reward dan punishment digunakan pendidik untuk memotivasi siswa, meningkatkan minat siswa, dan membuat suasana belajar mengajar menjadi menyenangkan.Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Menerapkan pemberian reward dan punishment untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli, 2. Mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga kelas yang diambil secara acak di SMPN 59 Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan tes pengetahuan, tes sikap dan tes keterampilan passing bawah. Teknik analisa yang digunakan adalah mencari nilai mean, standart deviasi, varian, menghitung anova, menghitung uji-t, dan menghitung besar prosentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemberian reward dan pemberian punishment ternyata memberikan peningkatan yang signifikan pada siswa kelompok eksperimen sebesar 39,52% dan 25,82% sedangkan kelompok kontrol sebesar 3,19%. Hal tersebut membuktikan bahwa pemberian reward dan pemberian punishment memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli.

Kata Kunci : Reward dan Punishment, Hasil Belajar, Passing Bawah Bolavoli

Abstract

In Physical Education, Sports and Health students get material volleyball. One of the basic volleyball techniques is underhand passing. To improve the basic engineering skills underhand passing of volleyball required appropriate learning methods one of which is reward and punishment. In teaching and learning activities, learning methods of reward and punishment are used by educators to motivate students, increase student interest, and make the teaching and learning fun. The purpose of this research is 1. Implement a reward and punishment system to improve learning outcomes underhand passing of volley ball, 2. Know how much influence the reward and punishment on learning outcomes underhandvpassing of volley ball. This research is an experimental research with quantitative approach. The sample in this study are three classes taken randomly at SMPN 59 Surabaya. The instruments used are using knowledge tests, attitude tests and underhand passing skills tests. The analysis technique used is to find the mean value, standard deviation, variant, calculate anova, calculate the t-test, and calculate the percentage. The results showed that the effect of giving rewards and punishment provision turned out to provide significant improvement in the experimental group students of 39.52% and 25.82% while the control group of 3.19%. It proves that giving reward and punishment giving a significant effect on the learning result of underhand passing volleyball.

Keywords: Reward and Punishment, Learning Outcomes, Underhand Passing Volleyball.

Published
2018-07-29
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 291