PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI KLUB DENGAN YANG MENGIKUTI DI SEKOLAH

  • Ailsa Yusvania Marine Universitas Negeri Surabaya
  • Taufiq Hidayat Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan tubuh seseorang dalam melakukan tugas maupun pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari tanpa adanya kelelahan yang berarti, sehingga tubuh tetap memiliki cadangan untuk mengatasi beban dalam melakukan kegiatan tambahan. Kebugaran jasmani yang harus dimiliki oleh setiap manusia dalam menjalankan kehidupan guna terjaganya kondisi maupun fisik yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di klub dengan yang mengikuti di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan metode deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kompratif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu siswa putra yang aktif mengikuti ekstrakurikuler bolavoli dengan usia 16-18 tahun yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 12 klub dan 12 ekstrakurikuler. Instrumen penelitian yang dipakai menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Teknik analisis data yang menggunakan SPSS 20 yang terdiri dari analisis uji normalitas, uji homogenitas, dan Independen T test. Hasil analisa data menunjukkan nilai bahwa perbedaan yang signifikan adalah vertical jump antara siswa yang mengikuti di klub dengan siswa yang mengikuti ekstra di sekolah dibuktikan dengan hasil signifikasi sebesar 0,001 < 0,05 dengan perbedaan rata-rata sebesar 6,00. Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan tingkat kebugaran jasmani yang dimiliki siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di klub lebih baik dari pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di sekolah.

Kata Kunci: kebugaran jasmani; kegiatan ekstrakurikuler; bolavoli

Abstract

Physical fitness is the ability of a person's body to carry out tasks and work in daily life without significant fatigue, so that the body still has reserves to overcome the burden of carrying out additional activities. Physical fitness that must be possessed by every human being in carrying out life in order to maintain good physical and condition. The purpose of this study was to determine the difference in the level of physical fitness of students who participate in extracurricular activities in clubs and those who participate in schools. This type of research used quantitative descriptive method. The research design used in this research is comparative. The sampling technique in this study used a saturated sample technique, namely male students who were actively participating in volleyball extracurriculars aged 16-18 years, totaling 24 students consisting of 12 clubs and 12 extracurriculars. The research instrument used was the Indonesian Physical Fitness Test (TKJI). The data analysis technique used SPSS 20 which consisted of analysis of normality test, homogeneity test, and Independent T test. The results of data analysis showed that the significant difference was the vertical jump between students who participated in the club and students who took extra classes at school as evidenced by the significance result of 0.001 < 0.05 with an average difference of 6.00. Based on the results of the data analysis above, it can be concluded that the level of physical fitness of students who take part in extracurricular activities in clubs is better than students who take extracurricular activities at school.

Keywords: physical fitness; extracurricular activities; volleyball

Published
2022-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 44