PENGARUH METODE DRILL DAN METODE BERMAIN TERHADAP KETERAMPILAN GERAK PASING FUTSAL PADA SISWA DI SDN BANYU URIP III/364 SURABAYA

  • Arif Kamaruddin Universitas Negeri Surabaya
  • Bernard Djawa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pada anak usia dini ketrampilan dasar bermain futsal harus dilatih supaya dapat menumbuhkan naluri terhadap semua ketrampilan dasar yang harus dikuasai dalam permainan futsal melalui pembelajaran secara berulang-ulang. Metode drill dan metode bermain adalah cara untuk memperkuat keterampilan atau yang telah dipelajari sebelumnya. Kemampuan untuk sering bergerak terus menerus diprioritaskan dalam strategi ini serta harus digunakan dalam setiap pertemuan untuk mencapai hasil terbaik dan mengembangkan keterampilan gerakan pasing. Penelitian ini bertujuan agar dapat diketahuinya pengaruh dari metode dril dan metode bermain terhadap ketrampilan gerak pasing siswa SDN Banyu Urip III/364 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis uji statistik satu jalur (a = 0,05). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi atau pengumpulan data yang dilakukan secara langsung melalui pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V (lima) SDN Banyu Urip III/364 Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan jumlah sampel adalah 30 orang dan dibagi kelompok eksperimen dengan jumlah masing-masing sebanyak 15 orang. Berdasarkan hasil uji paired t test diperoleh nilai sig. Metode drill 0,000 < 0,05 dan nilai sig. Metode bermain 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir dengan metode drill dan metode bermain terhadap ketrampilan gerak pasing siswa SDN Banyu Urip III/364 Surabaya. Sedangkan hasil uji t-independent sample test diperoleh hasil 0,130 > 0,005. Jadi tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode drill dan metode bermain.

Kata Kunci: futsal; metode drill; metode bermain; pasing

Abstract

The basic abilities to play futsal must be taught to children as early as possible to develop an instinct for all of the basic skills that must be learned in the game of futsal through repeated learning. The drilling and playing methods are attempts to improve previously acquired mechanical skills or associations. The ability to move frequently or continuously is prioritized in this strategy. And it must be used in every meeting to achieve the best outcomes and develop passing movement skills. This study aims to see how the drill method and the playing method affect the movement skills of SDN Banyu Urip III/364 Surabaya students. This experimental study employs a descriptive quantitative approach using a one-way statistical test analysis (a = 0.05). Observation is the method of data gathering used, or data collection is done directly through observation. All fifth students from SDN Banyu Urip III/364 Surabaya were included in this study. Cluster random sampling was utilized, with a sample size of 30 participants divided into an experimental group and a control group of 15 people each. The sig value is calculated using the results of the paired t-test: 0.000 0.05 drill technique and sig. The hypothesis is accepted since the playing method is 0.000 0.05. It may be determined that the passing movement skills of the students of SDN Banyu Urip III/364 Surabaya differ significantly between the beginning and final tests utilizing the drill method and the playing method. The findings of the t-independent sample test were 0.130 > 0.005, whereas the results of the t-independent sample test were 0.130 > 0.005. As a result, there is no discernible difference between the practice and playing methods.

Keywords: futsal; drill method; playing method; passing

Published
2022-06-12
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 121