HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN GIZI IBU DENGAN STATUS GIZI SISWA KELAS BAWAH DI SDN CAMPUREJO 1 BOJONEGORO

  • Desi Tri Jaya Nurjanah Universitas Negeri Surabaya
  • Faridha Nurhayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kontribusi pendidikan Ibu bisa menjadi acuan dalam pengetahuan gizi terkait kandungan dan kebersihan makanan yang dikonsumsi oleh anak sehingga anak tidak masuk dalam kategori status gizi stunting atau obesity. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan Ibu dengan status gizi siswa kelas bawah SDN Campurejo Bojonegoro. Penelitian menggunakan metode korelasional untuk mengetahui hubungan antar variabel. Teknik pengambilan data menggunakan angket yang sudah tervalidasi dengan nilai validitas 0,312. Jenis penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 111 siswa yang terdiri dari kelas 1, 2, dan 3 di SDN Campurejo 1 Bojonegoro memakai teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, korelasi gamma dan multinominal regression dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata tingkat Pendidikan Ibu adalah SMA (62,2%), pengetahuan gizi Ibu kategori bagus (59,5%), dan status gizi siswa kategori baik (60,4%). Hasil analisis korelasi gamma antara tingkat Pendidikan ibu dan status gizi siswa menunjukkan hubungan yang tidak signifikan (0,568>0,05). Hubungan antara pengetahuan gizi Ibu dan status gizi siswa tidak signifikan (0,555>0,05). Hasil uji multinominal regression menyimpulkan bahwa hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan gizi Ibu dengan status gizi siswa tidak ada hubungan yang signifikan (0,322>0,05) dengan besarnya sumbangan 18,9%. Demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan gizi Ibu dengan status gizi siswa kelas bawah di Sekolah Dasar Negeri Campurejo 1 Bojonegoro.

Kata Kunci: pendidikan; pengetahuan gizi ibu; status gizi

Abstract

The contribution of mother's education can be a reference in nutritional knowledge related to the content and cleanliness of the food consumed by children so that children are not included in the category of stunting or obesity nutritional status. The purpose of this study was to determine the relationship between mother's education level and knowledge level with the nutritional status of the lower grade students of SDN Campurejo Bojonegoro. The research uses correlation method to determine the relationship between variables. The data collection technique uses a validated questionnaire with a validity value 0,312. This type of research use a cross sectional approach. The total sample was compose 111 students consisting of grades 1, 2, and 3 at SDN Campurejo 1 Bojonegoro using a targeted purposive sampling technique. The data analysis using was the descriptive test, gamma correlation and multinominal regression with the help of the SPSS 25.0 application. Descriptive research result shows that average mother education grade is highschool (62,2%), mother nutrition knowledge good category (59,5%), and student nutrition status good category (60,4%). Based on the analysis result gamma correlation mother education grade with student nutrition status doesn’t have significant connection (0,568>0,05). Connection between mother nutrition knowledge with student nutrition status doesn’t have significant connection (0,555>0,05). Multinominal regression test result conclude that connection between education grade and mother nutrition knowledge with student nutrition status doesn’t have signifivant connection (0,322>0,05) with big donation is 18,9%. Because of that, results of this research can be conclude that there is no significant connection between education grade and mother nutrition knowledge with student nutrition status student lower grade in SDN Campurejo 1 Bojonegoro.

Keywords: education; knowledge of mother's nutrition; nutritional status

Published
2022-06-16
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 339