PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK

  • Sigit Asmanto Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Rachman Syam Tuasikal Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Permainan merupakan salah satu bentuk wahana dalam membawa anak hidup bersosial dan mampu berkerjasama antar teman dan berbau dengan masyarakat. Dalam melakukan suatu permainan peserta didik akan merasa sangat antusias dan bisa jadi tingkat emosi dari peserta didik meningkatTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan bermain terhadap hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Metode yang digunakan adalah metode sistematik, literatur review dengan data base science direct, jurnal nasional, google scholar, serta jurnal internasional dengan rentang tahun 2013-2022. Pengaruh pendekatan bermain terhadap hasil belajar PJOK akan mampu membuat penulis berpikir tentang bagaimana mencapai kesenangan, kepuasan, kegembiraan, dan keindahan. Selain itu, game ini juga akan memungkinkan penulis untuk mengeluarkan kreativitas mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar PJOK. Banyak cara untuk meningkatkan ketertarikan siswa terhadap materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, salah satunya adalah dengan penerapan pendekatan bermain. Selain itu siswa akan lebih banyak bergerak karena terdapat unsur bermain. penerapan pendekatan pembelajaran permainan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik selama pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Hal ini dapat ditunjukkan dengan semangat peserta didik dalam melaksanakan kegiatan program pembelajaran tanpa adanya paksaan. Kesimpulan yang dapat diambil dari meninjau artikel yang dibahas, dapat dikatakan bahwa tingkat kebugaran seseorang atau kelompok populasi berbeda dan berbeda. Perbedaan tingkat kebugaran dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk aktivitas fisik sehari-hari, lingkungan geografis, fasilitas, dan infrastruktur lingkungan. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Kata Kunci: pendekatan bermain; PJOK; hasil belajar

Abstract

The game is one form of vehicle in bringing children to live socially and be able to cooperate with friends and smell with the community. In doing a game, students will feel very enthusiastic and it could be that the emotional level of students increases. The purpose of this study was to determine the effect of the play approach on learning outcomes in physical education, sports and health. The method used is a systematic method, literature review with a direct science data base, national journals, Google Scholar, and international journals with a span of 2013-2022. The influence of the play approach on PJOK learning outcomes will be able to make the writer think about how to achieve pleasure, satisfaction, joy, and beauty. Apart from that, this game will also allow writers to unleash their creativity. The results showed that using a play approach could improve PJOK learning outcomes. There are many ways to increase student interest in sports and health physical education materials, one of which is the application of a play approach. In addition, students will move more because there is an element of play. the application of the game learning approach can increase students' learning motivation during physical education learning at school. This can be shown by the enthusiasm of students in carrying out learning program activities without coercion. The conclusion that can be drawn from reviewing the articles discussed, it can be said that the fitness level of a person or population group is different and different. Differences in fitness levels can be influenced by a number of factors, including daily physical activity, geographic environment, facilities, and environmental infrastructure. It can be concluded that the play approach has a significant influence on the learning outcomes of sports and health physical education.

Keywords: playing approach; physical education sport and health; learning outcomes

Published
2022-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 173