OPTIMALISASI PEMBERIAN TUGAS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PJOK MODEL ONLINE UNTUK PENINGKATAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA

  • Ekky Septiano Haikal Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penerapan metode PJBL (Project Based Learning) dengan tugas video merupakan hal penting dalam penelitian kali ini karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PJBL terhadap peningkatan prestasi hasil belajar siswa. Perbedaan hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen dengan menggunakan perlakuan berupa tugas video dengan materi lari jarak pendek, bola voli, dan kebugaran jasmani. Penelitian kali ini menggunakan penelitian Deskriptif Kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimental Research atau eksperimental semu menggunakan metode Randomized Control Group Pre-Test – Post-Test. Sampling dalam penelitian ini yaitu menggunakan Simple Random Sampling karena penulis tidak mengetahui banyak informasi dari populasi sehingga dilakukanlah pengambilan acak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 15 Surabaya. Dalam pelaksanaan pengumpulan datanya penulis menggunakan 2 kelas yaitu X-8 dan X-10 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X-8 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan sedangkan kelas X-10 sebagai kelas kontrol tidak diberikan perlakuan berupa tugas video. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan IBM SPSS Version 24.0 5. Beberapa uji untuk mengetahui signifikansi kenaikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji Wilcoxon, dan uji man whitney. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan pendekatan PJBL berbasis tugas video. Hal ini dapat dilihat dari post-test nilai kelas eksperimen sebesar 73,4%, nilai kelas kontrol sebesar 90,20%, dan nilai persentase keduanya 17,16% di mana 17,16% ini menunjukkan peningkatan dari hasil belajar yang telah dilakukan oleh para siswa.

Kata Kunci: PJOK; project based learning; hasil belajar

Abstract

The application of the PJBL (Project Based Learning) method with video assignments is vital in this study because the purpose of this study was to determine the application of the PJBL (Project Based Learning) learning model in the form of video assignments with short distance running, volleyball, and physical fitness materials. on improving student achievement. This research uses descriptive quantitative analysis using quasi-experimental analysis or quasi-experimental using the Randomised Control Group Pre-Test – Post-Test method. Sampling in this study uses Simple Random Sampling because the author does not know much information from the population, so random sampling is done. The population in this study were students of class X at SMAN 15 Surabaya. In the implementation of data collection, the author uses 2 classes, namely X-8 and X-10, as the experimental and control classes. Class X-8 as the practical class was given treatment, while class X-10 as the control class was not given treatment in a video assignment. The data analysis technique in this study used IBM SPSS Version 24.0 5. Several tests to determine the significance of the increase in learning outcomes between the experimental class and the control class, namely descriptive analysis, normality test, homogeneity test, Wilcoxon test, and man Whitney test. The results of this study can be concluded that there is an increase in learning outcomes with a video task-based PJBL approach. This can be seen from the post-test value of the experimental class of 73.4%, the value of the control class of 90.20%, and the percentage value of both 17.16% where 17.16% shows an increase in the learning outcomes the students have carried out.

Keywords:  physical education sport and health; sports and health; project based learning; learning result

Published
2022-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 142