SURVEI MINAT SISWA KELAS VII TERHADAP PEMBELAJARAN BOLA VOLI DI SMPN 02 PASIRIAN

  • Fitri Melinia Universitas Negeri Surabaya
  • Taufiq Hidayat Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) adalah mata pelajaran yang digunakan untuk konsep diri dan berusaha memaksimalkan fungsi gerak tubuh dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa kelas VII terhadap pembelajaran bola voli. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei.. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 02 Pasirian yang berjumlah 125 dan sampel yang digunakan berjumlah 50 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Prosedur pengambilan data dilaksanakan dengan cara peneliti datang langsung ke SMPN 02 Pasirian dan menyebar angket ke siswa kelas VII yang mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM), pengambilan data dilakukan selama 3 hari karena di SMPN 02 Pasirian PTM dilakukan secara terbatas. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket minat yang memiliki tiga indikator yaitu faktor ketertarikan, perhatian dan kebutuhan, angket dalam penelitian ini menggunakan skala likert yang memiliki bobot skor 1-4 dengan empat alternative jawaban yang disediakan. Angket ini diadopsi dengan total validitas 1,00 dan reliabilitas 0,698. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa minat siswa kelas VII terhadap pembelajaran bolavoli di SMPN 02 Pasirian adalah 3 siswa sebesar 6% kategori “Sangat Tinggi”, 6 siswa sebesar 12% kategori “Tinggi”, 30 siswa sebesar 60% kategori “Rendah”, dan 11 siswa sebesar 22% kategori “Sangat Rendah”. Dari hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa minat siswa kelas VII terhadap pembelajaran bola voli di SMPN 02 Pasirian masuk dalam kategori “Rendah”.

Kata Kunci: survei; pembelajaran; bola voli

Abstract

Physical Education, Sports, and Health (PJOK) is a subject used for self-concept and trying to maximize the function of gestures properly. This study aims to find out how much interest class VII students have in learning volleyball. The research design used is descriptive quantitative with survey methods. The population of this study was grade VII students at SMPN 02 Pasirian which amounted to 125 and the sample used was 50 students using a simple random sampling technique. The data collection procedure is carried out by the researcher coming directly to SMPN 02 Pasirian and spreading the questionnaire to class VII students who take part in Face-to-Face Learning (PTM), data collection is carried out for 3 days because at SMPN 02 Pasirian PTM it is carried out on a limited basis. The data of this study was collected through an interest questionnaire which has three indicators, namely factors of interest, attention and needs, the questionnaire in this study used a likert scale that had a score weight of 1-4 with four alternative answers provided. This questionnaire was adopted with a total validity of 1.00 and a reliability of 0.698. The data analysis technique used in this study is descriptive analysis. The results of this study showed that the interest of class VII students in volley ball learning at SMPN 02 Pasirian was 3 students by 6% "Very High" category, 6 students by 12% "High" category, 30 students by 60% "Low" category, and 11 students by 22% "Very Low" category. From the results of the data analysis above, it can be concluded that the interest of class VII students in learning volleyball at SMPN 02 Pasirian is included in the "Low" category.

Keywords: survey; learning; volleyball

Published
2022-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 77