HUBUNGAN ANTARA LITERASI KESEHATAN DENGAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA SMA NEGERI 1 BERBEK

  • Achmad Bagus Firdaus Universitas Negeri Surabaya
  • Faridha Nurhayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Literasi kesehatan merupakan karakteristik pribadi dan sumber daya sosial yang diperlukan individu maupun masyarakat untuk mengakses, memahami, menilai informasi serta layanan untuk membuat keputusan kesehatan. Maksimalnya literasi kesehatan diharapkan membawa dampak pada perubahan perilaku hidup sehat seseorang dalam keseharian, khususnya untuk usia siswa SMA yang mengalami masa transisi dari remaja ke dewasa. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk meninjau hubungan antara literasi kesehatan dengan perilaku hidup sehat siswa di SMA Negeri 1 Berbek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI SMA Negeri 1 Berbek yang berjumlah 278 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling  pada 176 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Berbek. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa kuesioner HLS-EU-Q16 dan skala implementasi perilaku hidup sehat siswa. Data dianalisis menggunakan persentase dan uji korelasi gamma melalui SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan apabila dianalisis dari setiap dimensi, antara literasi kesehatan dengan perilaku hidup sehat dimensi konsumsi pangan menunjukkan ada hubungan yang dibuktikan nilai signifikansi (0,008 < 0,05). Sedangkan untuk dimensi kebersihan diri sendiri, dimensi kebersihan lingkungan, dimensi tindakan pencegahan penyakit beserta dimensi kebiasaan merusak kesehatan menunjukkan tidak ada hubungan dengan literasi kesehatan yang dibuktikan nilai signifikasi > 0,05. Jika dianalisis secara keseluruhan terdapat hubungan signifikan antara literasi kesehatan dengan perilaku hidup sehat siswa (0,041 < 0,05) dengan sumbangan sebesar 51,2%.

Kata Kunci: literasi kesehatan; perilaku hidup sehat; siswa SMA

Abstract

Health literacy is a personal characteristic and social resource needed for individual and society to access, understand, evaluate information and service to make health decision. Maximum health literacy is expected to have an impact on changing person healthy living behavior in daily life, especially for high school students who are experiencing transition period from adolescence to adulthood. Therefore, this study aims to review the relationship between health literacy and healthy living behavior of students at SMA Negeri 1 Berbek. This study use a quantitative approach with the type of correlational research. The population in this study were students of class XI SMA Negeri 1 Berbek which amounts to 278 students and sampling using purposive sampling technique on 176 students of class XI MIPA SMA Negeri 1 Berbek. The instrument used for data collection was the HLS-EU-Q16 questionnaire and the implementation scale of students healthy living behavior. Data were analyzed using percentage and gamma correlation test through SPSS 25. The results showed that analyze from each dimension, between health literacy and students healthy living behavior, the dimension of food consumption showed a significant relationship (0,008 < 0,05). While for the dimension of personal hygiene, dimension of environmental hygiene, dimension of disease prevention and dimension of health damaging habits show no relationship with health literacy which is proven by a significance value > 0,05. If analyzed as a whole, there is a significant relationship between health literacy and students healthy behavior (0,041 < 0,05) with a contribution of 51,2%.

Keywords: health literacy; healthy living behavior; senior high school student

 

Published
2022-07-14
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 168