FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA

  • Bahrul Ilmi Universitas Negeri Surabaya
  • Setiyo Hartoto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah cerminan pola hidup keluarga yang peduli dan melindungi kesehatan seluruh anggota keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku hidup bersih dan sehat siswa dan faktor-faktor yang memengaruhinnya. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Nganjuk dengan jumlah populasi 1.004 siswa dan diambil sebanyak 348 siswa sebagai sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket perilaku hidup bersih dan sehat siswa yang dilengkapi dengan pertanyaan mengenai sosiodemografi orang tua dan fasilitas olahraga yang ada di sekitar lingkungan siswa. Untuk analisis data menggunakan deskriptif statistik, t-test dan anova dengan menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum nilai rata-rata perilaku hidup bersih dan sehat siswa sebesar 94,26 dengan rincian siswa dengan kategori sangat kurang sebanyak 1 siswa (0,3%), kurang sebanyak 3 siswa (0,9%), cukup sebanyak 65 siswa (18,7%), tinggi sebanyak 200 siswa (57,5%), dan sangat tinggi sebanyak 79 siswa (22,7%). Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat perilaku hidup bersih dan sehat siswa adalah jenis kelamin (t= 8,784, p=0,003<0,05), pekerjaan orang tua (F= 4,363, p=0,001<0,05), kebiasaan orang tua (F=4,125, p=0,017<0,05), frekuensi aktivitas fisik orang tua (F=4,825, p=0,001<0,05), aktivitas fisik siswa (t=6,178, p=0,012<0,05), kegiatan aktivitas kebugaran siswa (F=3,389, p=0,035<0,05), durasi aktivitas fisik siswa (F=3,731, p=0,005<0,05), dan jenis aktivitas fisik siswa (F=3,452, p=0.033<0.05). Maka dapat disimpulkan faktor-faktor yang terbukti berpengaruh terhadap tingkat perilaku hidup bersih dan sehat perlu menjadi perhatian dalam upaya meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat siswa.

Kata Kunci: PHBS; faktor sosiodemografi; siswa

Abstract

Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) is a reflection of a family's lifestyle that cares and protects the health of all family members. This study aimed to determine the level of clean and healthy living behavior of students and the factors that influence it. This research was conducted at SMAN 2 Nganjuk with a population of 1,004 students, and 348 students were taken as samples using the cluster random sampling technique. The instrument used was a questionnaire on students' clean and healthy living behavior, which was equipped with questions about the sociodemography of parents and sports facilities around the student's environment. For data analysis, this research used descriptive statistics, t-tests, and anova using SPSS 25. Based on the results of this study, in general, it showed that the average value of clean and healthy living behavior of students was 94.26, with details of students with very poor categories as much as 1 student (0.3%), less as many as 3 students (0.9%), enough as many as 65 students (18.7%), high as many as 200 students (57.5%), and very high as much as 79 students (22.7%). The factors that influence the level of students' clean and healthy living behavior were gender (t=8,784, p=0.003<0.05), parents' occupation (F=4.363, p=0.001<0.05), parental habits ( F=4.125, p=0.017<0.05), the frequency of parental physical activity (F=4.825, p=0.001<0.05), student physical activity (t=6.178, p=0.012<0.05), activity student's fitness activity (F=3.389, p=0.035<0.05), duration of student's physical activity (F= 3.731, p= 0.005<0.05), and type of student's physical activity (F=3.452, p=0.033<0.05). So it can be concluded that the factors that were proven to affect the level of clean and healthy living behavior need to be a concern to improve students' clean and healthy living behavior.

Keywords: PHBS; sociodemographic factor; student

Published
2022-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 105