PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN PJOK DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

  • Enggra Liandika Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Maksum Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Jasmani secara daring menjadi tantangan baru bagi guru selama pandemi Covid-19. Hal ini karena pendidikan jasmani tidak hanya terfokus pada pengetahuan, tetapi juga pada ranah keterampilan yang memerlukan praktek dan pengalaman secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani daring karena melihat pembelajaran daring kurang efektif terhadap model pembelajaran yang bersifat praktik. Menggunakan sampel siswa SMAN 4 Bojonegoro kelas 12 sebanyak 90 dari total 274 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan metode quota random sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket yang disebarkan melalui google form, dengan angket yang berjudul “Angket Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran PJOK Daring Selama Masa Pandemi COVID-19” dengan jumlah 47 item mendapatkan nilai validitasnya antara 0,337-0,833 karena memiliki nilai ≥ 0,30 dapat dikatakan valid, serta realibilitas mendapatkan hasil masing-masing variabelnya 0,879, 0,69 dan 0,892 sehingga dikatakan reliabel karena nilainya >0,633. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengawasan orang tua memiliki koefisien beta 0,379 pada signifikansi <0,01, variabel motivasi dan bimbingan orang tua memiliki koefisien beta 0,482 pada signifikansi <0,01 sedangkan untuk variabel fasilitas tidak terjadi signifikansi. Dengan demikian hasil dari analisi data dapat disimpulkan bahwa  peran orang tua memiliki pengaruh terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani secara daring, terutama dalam pengawasan dan pemberian motivasi serta bimbingan kepada anaknya.

Kata Kunci: pembelajaran daring; peran orang tua; pendidikan jasmani

Abstract

Online learning in physical education is a new challenge for teachers during the Covid-19 pandemic. This is because physical education is not only focused on knowledge, but also on the realm of skills that require hands-on practice and experience. This study aims to determine how the role of parents in online learning in physical education because online learning less effective with practical learning models. The sample is 90 of the total populations 274 students SMAN 4 Bojonegoro from 12 grade, used methode quota random sampling. Data collection was carried out using a questionnaire distributed via google form, with questionnaire title “Angket Peran Orang Tua dalam Pembelajaran PJOK Daring Selama Masa Pandemi COVID-19” from 47 items got validity score betwen 0.337-0.833 because have score ≥ 0.30 so item valid, also from reliability test for each variable got value 0.879, 0.69 and 0.892 because have score >0.633  so its reliable. Data analysis used multiple linear regression with SPSS application. The results showed that the control variable had a beta coefficient of 0.379 at a significance of <0.01, the variable of motivation and parental guidance has a beta coefficient of 0.482 at a significance of <0.01 but the facility variable didn’t significance. This, it can be concluded that the role of parents has an influence on online physical education learning, especially in monitoring and providing motivation and guidance to their children.

Keywords: online learning; parent’s role; physical education

Published
2022-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 38