PENGARUH PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB GAYA MENGAJAR DAN MOTOR ABILITY TERHADAP HASIL BELAJAR TENDANGAN DOLYO CHAGI TAEKWONDO DI SMP YPM 2 SUKODONO

  • Shahnaz Yulvie Ats Tsaniyah Universitas Negeri Surabaya
  • Hari Wisnu Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan sistem informasi berbasis web, gaya mengajar, dan motor ability terhadap hasil belajar tendangan dolyo chagi pada olahraga bela diri taekwondo di SMP YPM 2 Sukodono. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini memakai seluruh populasi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler beladiri taekwondo yang berjumlah 86 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 70 siswa perempuan. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode probably sampling disebar dengan mengisi angket pada saat latihan yang dibagi dalam tiga sesi dan diberi waktu untuk mengisi angket selama 1x24 jam. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah pertanyaan dari setiap indikator pada setiap variabel yang berjumlah 19 item tentang pembelajaran berbasis web, gaya mengajar, motor ability, tendangan dolyo chagi. Data primer didapat dari mengolah kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala likert (1-5) dengan nilai validitas sebesar 0,203-0,681 > 0,1786 sehingga dinyatakan valid. Alat analisa yang dipakai adalah analisis deskriptif, dengan program SPSS versi 18.0 for windows. Hasil pengkajian ini membuktikan bahwa tingkat kepercayaan sebesar 5% sehingga diperoleh t tabel sebesar 1,66365 siswa menunjukkan antusias yang baik terhadap item pertanyaan sehingga pembelajaran menggunakan web, gaya mengajar, dan motor ability terhadap tendangan dolyo chagi termasuk dalam tingkat yang baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis web pada masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan di SMP YPM 2 Sukodono sudah terlaksana dengan baik.

Kata Kunci: sistem informasi; gaya mengajar; motor ability; tendangan dolyo chagi

Abstract

This study aims to determine the effect of developing a web-based information system, teaching style, and motor ability on the learning outcomes of dolyo chagi kicks in taekwondo martial arts at YPM 2 Sukodono Junior High School. The research method used is descriptive research with a quantitative approach. This study used the entire population of students participating in the extracurricular taekwondo martial arts, totalling 86 of 16 male and 70 female students. The sampling technique used is probability sampling during the exercise divided into three sessions and given time to fill out the questionnaire for 1x24 hours. The instrument used in this research is the question of each indicator on each variable totalling 19 items about web-based learning, teaching style, motor ability, dolyo chagi kick. Primary data was obtained from processing a questionnaire whose measurement uses a Likert scale (1-5) with a validity value of 0.203-0.681 > 0.1786 to declare validity. The analytical tool used is descriptive analysis, with SPSS version 18.0 for the windows program. The results of this study prove that the confidence level is 5%, so a t table of 1.66365 students shows good enthusiasm for the question items so that learning using the web, teaching style, and motor ability to kick dolyo chagi included in an excellent level. The conclusion of web-based learning during the covid-19 pandemic, which was carried out at YPM 2 Sukodono Junior High School, was conducted well.

Keywords: information systemt; teaching style; motor abilities; dolyo chagi kick

Published
2022-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 27