PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA DI SMAN 15 SURABAYA

  • Khoirul Hamzah Sunaryo Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam keterampilan dasar mengajar ketika PLP. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMAN 15 Surabaya yang berjumlah 1.239 orang. Sampel penilitian diambil dari kelas XII yang berjumlah 338 siswa diambil menggunakan accidental sampling. Teknik survei digunakan untuk mengumpulkan data yang memanfaatkan angket dalam bentuk google form dengan nilai validitas sebesar 0,325-0,731.> rtabel sebesar 0,301 dan reliabilitas sebesar 0,913. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil menunjukkan bahwa kualitas guru PLP dijelaskan sebagai berikut: 1. Keterampilan Membuka Pelajaran mendapatkan presentase 51,2% Sangat Baik. 2. Keterampilan Menutup Pelajaran mendapatkan presentase 45,3% Sangat Baik. 3. Keterampilan Menjelaskan mendapatkan presentase 69,2% Sangat Baik. 4. Keterampilan Memberikan Bertanya mendapatkan presentase 64,2% Sangat Baik. 5. Keterampilan Memberikan Penguatan mendapatkan presentase 47,9% Baik. 6. Keterampilan Mengadakan Variasi mendapatkan presentase 50,6% Sangat Baik. 7. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil mendapatkan presentase 52,1% Sangat Baik. 8. Keterampilan Mengelola Kelas mendapatkan presentase 48,8% Sangat Baik. 9. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan mendapatkan presentase 57,1% Sangat Baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa Presepsi Siswa terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PLP UNESA Jurusan Pendidikan Olahraga di SMAN 15 Surabaya Sangat Baik.

Kata Kunci: pesepsi siswa; program pengenalan lapangan persekolahan; pendidikan jasmani

Abstract

This study aims to determine the ability of students in basic teaching skills during PLP. The method used in this research is descriptive. The population in this study were students of SMAN 15 Surabaya, amounting to 1,239 people. The research sample was taken from class XII, which amounted to 338 students, taken using accidental sampling. The survey technique was used to collect data using a questionnaire in the form of a google form with a validity value of 0.325-0.731. > rtable of 0.301 and reliability of 0.913. Data analysis was carried out using quantitative descriptive techniques with percentages. The results show that the quality of PLP teachers is explained as follows: 1. Opening skills get a percentage of 51.2% Very Good. 2. Lesson Closing Skills get a percentage of 45.3% Very Good. 3. Explaining skills get a percentage of 69.2% Very Good. 4. Skills in Giving Questions get a percentage of 64.2% Very Good. 5. Reinforcement Skills get a percentage of 47.9% Good. 6. Skills for Conducting Variations get a percentage of 50.6% Very Good. 7. Skills in Guiding Small Group Discussions get a percentage of 52.1% Very Good. 8. Class Management Skills get a percentage of 48.8% Very Good. 9. Small Group and Individual Teaching Skills get a percentage of 57.1% Very Good. Based on the data obtained from the results of the analysis carried out, it can be concluded that the student's perception of the teaching skills of PLP UNESA students in the Department of Sports Education at SMAN 15 Surabaya is very good.

Keywords: student perceptions; internship program; physical education

Published
2022-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 83