PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Abdul Ahmad Ikfin Ahmad Ikfin Universitas Negeri Surabaya
  • Fifukha Dwi Khory Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan sangat berpengaruh bagi kemajuan suatu bangsa. Namun, akibat munculnya pandemi virus Covid-19, akhirnya proses belajar dan mengajar harus dilaksanakan di rumah dengan menggunakan metode pelajaran secara daring. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mencari seberapa besar pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar pada pelajaran PJOK di masa pandemi Covid-19, dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif terhadap satu variabel, yang dilaksanakan di sekolah SMK Islam Kunjang yang berada di Kabupaten Kediri. Populasi yang digunakan sebanyak 153 siswa kelas XII, terdiri dari jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Jurusan Teknik Mesin. Teknik untuk mencari sampel menggunakan Simple Random Sampling, dengan mengambil 20% yang berjumlah 30 siswa sebagai responden. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan secara survei, dengan menyebarkan kuesioner fasilitas belajar PJOK di rumah pada masa pandemi, melalui google from terdapat 37 pernyataan dengan indikator sarana prasarana PJOK dan fasilitas pendukung. Analisis data menggunakan Uji normalitas Kolmogorov-Simirnov kemudian Uji beda dengan metode Kruskal Wallis Statistik Non Parametrik dan Uji Regresi Linier Tunggal. Hasil penelitian ini menyatakan adanya pengaruh dari fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PJOK di masa pandemi Covid-19 sebesar 4,2%, namun pengaruh tersebut tidak signifikan, dengan hasil Asymp 0,278 >0,05. Adanya pengaruh tidak signifikan di sebabkan oleh beberapa faktor internal yang berasal dari diri sendiri seperti badan yang kurang sehat, minat belajar dan motivasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu fasilitas belajar di rumah, memiliki pengaruh sebesar 4,2% terhadap  hasil belajar PJOK selama pandemi Covid-19.

Kata Kunci: fasilitas belajar di rumah; hasil belajar; PJO;, pandemi covid-19

Abstract

Education is very influential for the progress of a nation. However, due to the emergence of the Covid-19 virus pandemic, finally, the learning and teaching process must be carried out at home using online learning methods. This study aims todetermine how much influence home learning facilities have on learning outcomes in PJOK lessons during the Covid-19 pandemic, using  quantitative descriptive research which was carried out at the Kunjang Islamic Vocational School in Kediri Regency. The population was 153 class XII students, consisting of the Department of Computer Network Engineering and Mechanical Engineering. The technique for finding samples is using Simple Random Sampling  taking 20% ​​of the 30 students as respondents. In this study, data collection was carried out in a survey through google from 37 statements with indicators of PJOK infrastructure and supporting facilities. Da ta analysis used the Kolmogorov-Smirnov normality test  the difference test with the Kruskal Wallis method and the Single Linear Regression Test. The effect of home learning facilities on student learning outcomes in PJOK lessons during the Covid-19 pandemic was 4.2%, but the effect was not significant. The existence of an insignificant influence is caused by several internal factors that come from oneself, such as an unhealthy body, interest in learning, and motivation.This study concludes that home learning facilities have an influence of 4.2% on PJOK learning outcomes during the Covid-19 pandemic.

Keywords:   learning facilities at home, learning outcome, PJOK, pandemic covid-19 

Published
2022-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 172
PDF Downloads: 95