MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMPN 5 SIDOARJO

  • Ichbal Faruk Wildan Islami Universitas Negeri Surabaya
  • Fifukha Dwi Khory Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah membuat proses belajar mengajar mengalami banyak kendala seperti kebutuhan kuota internet yang besar, siswa kurang berpartisipasi dan kurang aktif atau merespons guru saat pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Indikator survei yang digunakan adalah dorongan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran, komitmen, inisiatif dan optimis. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan populasi seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Sidoarjo yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah seluruhnya sebanyak 264 siswa dengan total sampel sebanyak 85 siswa . Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dengan nilai validitas sebesar 0,433-0,720.> rtabel sebesar 0,404 dan reliabilitas sebesar 0,930. Data analisis dengan IBM SPSS Statistic 25 menggunakan analisis regresi linier untuk menguji dua variabel sehingga peneliti dapat mengetahui pengaruh dan bisa membuktikan pengaruhnya. Dapat dilihat bahwa nilai koefisien determinasi dari faktor variabel komitmen, inisiatif dan optimis yakni sebesar 14,9%. Selain itu, nilai dari faktor komitmen sebesar 0,045, faktor inisiatif sebesar 0,698 dan faktor optimis sebesar 0,389. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil variabel komitmen berpengaruh terhadap motivasi belajar, sedangkan untuk variabel inisiatif dan optimis tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar.

Kata Kunci: motivasi belajar; pembelajaran daring; siswa SMP

Abstract

The Covid-19 pandemic has created obstacles during the teaching and learning process, such as the need for a large internet quota, students' less participation, and fewer responses or active during online learning. Thus, this study aimed to investigate the students' motivation for online knowledge of PJOK subjects. This study was conducted in SMP Negeri 5 Sidoarjo. This study is a quantitative descriptive study and used a survey method to collect the data. The indicators used in the survey are student interest in learning, commitment, initiative, and optimism. The sample was chosen through random sampling with a population of all class IX students at SMP Negeri 5 Sidoarjo, consisting of 8 classes and 85 students as the whole sample. The instrument used for data collection was a learning motivation questionnaire with a validity value was 0,433-0,720.> rtable 0,404 and reliability value was 0.903. Data were analyzed using IBM SPSS Statistics 25 using linear regression analysis to test the two variables so that the researcher can determine the effect and prove it. Thus, it can be seen that the coefficient of determination of commitment, initiative, and optimism variable factor was 14.9%. In addition, the value of the commitment factor was 0.045, the initiative factor was 0.698, and the optimism factor was 0.389. Thus, it can be concluded that the results of the commitment variable affect learning motivation, while the initiative and optimism variables do not affect learning.

Keywords: learning motivation; online learning; junior high school student

Published
2022-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 25