PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI TIKTOK PADA SUBMATERI FREE THROW BOLA BASKET KELAS X MAIT BIC KOTA PASURUAN

  • Wafiq Roisul Umami Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Cahyo Kartiko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tuntutan pendidikan abad 21 membutuhkan sistem pembelajaran yang berintegrasi teknologi dan mengikuti tren belajar masa kini. Generasi Z termasuk dalam generasi masa kini yang mayoritas kesehariannya menggunakan teknologi terutama dalam hal sosial media. TikTok menjadi aplikasi terpopuler sejak tahun 2019. Penggunaan aplikasi TikTok yang lebih mengarah ke hal-hal yang bersifatmenghibur menjadikan tujuan penggunaan aplikasi TikTok ini kurang tepat. Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok pada siswakelas 10 di MAIT Bina Insan Cendekia Kota Pasuruan. Jenis penelitian pada artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa MAIT BIC Kota Pasuruan yang berjumlah 50 siswa, yang terdiri dari 20 siswa kelas X,15 siswa kelas XI, dan 15 siswa kelas XII. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan quota sampling dan ditetapkan jumlah respondennya berjumlah 20 siswa dari kelas X. Instrumen penelitian yang dipakai adalah angket, dimana angket tersebut di adopsi dari peneliti sebelumnya tentang pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Indikator penelitian meliputi ketertarikan siswa untuk memepelajari hal baru, motivasi belajar siswa, ketertarikan siswa untuk belajar PJOK, dan  pemahaman materi yang disampaikan. Analisis data dari penelitian ini diukur menggunakan skala Guttman kemudian diolah menggunakan skala Likert . Berdasarkan hasil pengolahan dan pembahasan data, diperoleh hasil presentase responden dari siswa yang menunjukkan komponen 1,2,dan 4 sebesar 100 % dan komponen 3 sebesar 95% dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok pada submateri FreeThrow Bola Basket pada kelas X MAIT BIC Kota Pasuruan dinyatakan sangat bermanfaat berdasarkan respons siswa

Kata Kunci: media pembelajaran; free throw; TikTok

Abstract

The demands of 21st-century education require a learning system that integrates technology and follows current learning trends. Generation Z is included in the current generation, the majority of which use technology daily, especially in terms of social media. TikTok has become the most popular application since 2019. The use of the TikTok application which is more directed to entertaining things makes the purpose of using the TikTok application less precise. Researchers conducted this study aimed to determine the use of learning media based on the TikTok application in grade 10 students at MAIT Bina Insan Cendekia Pasuruan City. This type of research in this article uses a qualitative descriptive method. The population of this study was 50 students of MAIT BIC Pasuruan, consisting of 20 students in class X, 15 students in class XI, and 15 students in class XII. The data collected in this study used quota sampling and the number of respondents was 20 students from class X. The research instrument used was a questionnaire, where the questionnaire was adopted from previous researchers regarding the use of information technology-based learning media. Research indicators include student interest in learning new things, student motivation, student interest in learning PJOK, and understanding of the material presented. Analysis of the data from this study was measured using the Guttman scale and then processed using a Likert scale. Based on the results of data processing and discussion, the percentage of respondents from students who showed components 1,2, and 4 was 100% and component 3 was 95%, it can be concluded that the use of TikTok application-based learning media in the FreeThrow Basketball sub material in class X MAIT BIC Pasuruan City was stated to be very useful based on student responses.

Keywords: learning media; free throw; TikTok

 

Published
2022-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 222