RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Chagar Puspho Alamsyah Universitas Negeri Surabaya
  • Setiyo Hartoto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan secara daring membuat siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan respon siswa terkait pembelajaran daring mata pelajaran PJOK di SMAN 4 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel menggunakan 15% dari populasi yaitu sebanyak 64 siswa laki-laki dan perempuan kelas XI yang diperoleh dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sejumlah 30 item pertanyaan terdiri dari indikator internal meliputi mental, kecerdasan, dan kejasmanian, sedangkan indikator eksternal meliputi lingkungan dan sosial yang diukur dengan skala likert. Nilai validitas menggunakan r-hitung berkisar antara 0.271-0.672>0.246 r-tabel, sedangkan reliabilitas menggunakan alpha cronbach sebesar 0.816>0.7. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran PJOK secara daring termasuk dalam kategori sedang. Distribusi frekuensi respon siswa terhadap pembelajaran PJOK dapat dijelaskan bahwa sebanyak 3 siswa (5%) masuk kategori sangat positif, sebanyak 11 siswa (17%) masuk kategori positif, sebanyak 39 siswa (61%) masuk kategori sedang, sebanyak 9 siswa (14%) masuk kategori negatif, dan sebanyak 2 siswa (3%) masuk kategori sangat negatif. Respon siswa terhadap pembelajaran daring lebih dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik yaitu dengan persentase 50% yang termasuk dalam kategori positif. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring kurang efektif serta merasa terpaksa akibat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan sosial.

Kata Kunci: respon; siswa; pembelajaran daring; PJOK

Abstract

Learning Physical Education, Sports and Health online makes students less understanding the material presented. The purpose of this study was to describe student response related to online learning for PJOK subject at SMAN 4 Sidoarjo. The research method used is descriptive research. The sample used 15% of the population which 64 male and female students of class XI obtained by proportional random sampling technique. The data collection technique used a questionnaire with 30 question items consisting of internal indicators including mental, intelligence, and physical, while external indicators included environmental and social as measured by a likert scale. The validity value used r-count ranges from 0.271-0.672> 0.246 r-table, while the reliability used cronbach's alpha is 0.816>0.7. The data analysis technique used descriptive statistics with percentages. The results showed that the student's responded to learning PJOK online was in the medium category. The frequency distribution of student responded to PJOK learning can be explained that 3 students (5%) are in the very positive category, 11 students (17%) are in the positive category, 39 students (61%) are in the moderate category, 9 students (14%) are in the negative category, and 2 students (3%) are in the very negative category. Student responded to online learning are more influenced by extrinsic factors the percentage of 50% which is included in the positive category. It can be concluded that class XI students participating in PJOK online learning are less effective and feel forced due to being influenced by environmental and social factors.

Keywords: response; students; online learning; PJOK

Published
2022-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 85