SURVEI MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK DI SMPN 01 PASRUJAMBE

  • Tesalonika Sekar Dayu Universitas Negeri Surabaya
  • Suroto Suroto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kendala dalam pembelajaran menggunakan sistem daring mengakibatkan banyak permasalahan, sehingga ketika pembelajaran tatap muka sudah kembali normal sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap pembelajaran PJOK di SMPN 01 Pasrujambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan menggunakan angket tertutup. Angket dalam penelitian ini mengenai minat belajar siswa dengan indikator faktor sikap, keinginan,. Dan angket dalam penelitian ini terdapat beberapa pilihan yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, dan rendah. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari tiga kelas yaitu VIIIA, VIIIB, dan VIIIC dengan jumlah 108 siswa yang diambil secara cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIIIB sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang dimana dari data yang telah terkumpul akan disajikan dalam bentuk tabel. Dan hasil data tersebut menunjukkan bahwa faktor  minat belajar yang terdiri dari: sikap dengan nilai persentase yang paling tinggi sebesar 56% kategori sedang, keinginan dengan hasil yang dominan sebesar 72% kategori sedang, ketekunan sebesar 56% dengan kategori sedang dan dorongan terhadap prestasi sebesar 64% dengan kategori sedang. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa survei minat belajar siswa terhadap pembelajaran PJOK di SMPN01 Pasrujambe berkategori sedang dengan nilai persentase sebesar 69%. Dan dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa yang belum minat pada pembelajaran PJOK di dasarkan pada hasil keseluruhan presentase survey minat belajar yang masuk dalam kategori sedang dengan jumlah 69% siswa memiliki minat pasa pembelajaran PJOK.

Kata Kunci: minat belajar; pembelajaran PJOK; siswa

Abstract

Constraints in learning to use the online system cause many problems, so that when face-to-face learning has returned to normal, it greatly affects student motivation. This study aims to determine students' interest in learning PJOK at SMPN 01 Pasrujambe. This study uses a quantitative approach with quantitative descriptive research using survey methods. Data was collected using a closed questionnaire. The questionnaire in this study was about students' interest in learning with indicators of attitude, desire, perseverance, and encouragement factors. And the questionnaire in this study has several options, namely very high, high, medium, and low. The population used in this study was class VIII students consisting of three classes namely VIIIA, VIIIB, and VIIIC with a total of 108 students taken by cluster random sampling. The selected sample is class VIIIB as many as 36 students. The data analysis technique in this study uses descriptive analysis in which the data that has been collected will be presented in tabular form. And the results of these data indicate that the learning interest factor consists of: attitude with the highest percentage value of 56% in the medium category, the desire with the dominant result of 72% in the medium category, persistence by 56% in the medium category and encouragement to achievement of 64 % with medium category. The final result of the study showed that the survey of student interest in learning PJOK at SMPN01 Pasrujambe was in the medium category with a percentage value of 69%. And it can be said that there are still many students who are not interested in PJOK learning based on the overall results of  the learning interest survey that fall into the category with 69% of students having an interest in PJOK learning.

Keywords: interest in learning; learning PJOK; student

Published
2022-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 30