PENGARUH MEDIA PRESENTASI (POWERPOINT) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI (Studi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri Mojoagung)

  • EKNAL YONSA PERIKLES

Abstract

Abstrak

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan menuntut guru harus berperan kreatif dan inovatif sehingga dimana sebuah tujuan pembelajaran tersebut tersampaikan secara benar dan tepat. Melihat dari masalah yang berada di SMK Negeri Mojoagung yaitu kesulitan yang dialami siswa ketika melakukan passing atas bolavoli. Maka peneliti ingin menerapkan suatu alat bantu pengajaran yang berbentuk media presentasi (powerpoint). Keberhasilan dalam pembelajaran passing atas bolavoli dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang didalamnya terdapat 3 aspek antara lain kognitif yang diukur menggunakan soal-soal essay, afektif yang diukur menggunakan skala sikap dan psikomotor yang diukur menggunakan AAHPER face wall volley test. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni (True Experimental Design)  dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 3 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan X Akuntansi 4 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 40 siswa. Dari hasil penelitian secara umum yang dapat disimpulkan bahwa selama 2 kali perlakuan, dengan menggunakan ketiga aspek hasil belajar yang digunakan pada saat pre-test dan post-test didapatkan hasil rata-rata hasil belajar passing atas kelompok eksperimen adalah 55,65 dan 62,22 dengan standar deviasi 7,93 dan 7,81, sedangkan untuk hasil belajar passing atas kelompok kontrol rata-rata adalah 53,77 dan 57,30 dengan standar deviasi 5,25 dan 6,29. Hasil uji statistik didapatkan nilai mean difference= 4,92 Sig.=0,003, berarti pada α (5%) atau 0,05 terlihat ada perbedaan yang signifikan rata-rata Post Test hasil belajar passing atas antara kelompok eksperimen dan kontrol. Pada kelompok eksperimen meningkat sebesar 11,88%, sedangkan pada kelompok kontrol meningkat sebesar 8,81%. Jadi selisih peningkatan dari kedua kelompok tersebut adalah 3,07%. Sedangkan efek pengaruh yang diberikan oleh media presentasi itu sendiri dengan melihat uji-t independent pada hasil akhir pembelajaran atau posttest kedua kelompok dibagi dengan mean hasil pretest dari kelompok kontrol yang dimana kelompok tersebut adalah merupakan hasil dari kondisi yang bukan dari pengaruh perlakuan sebesar 8,58%.

Kata Kunci: Media presentasi, PowerPoint, Hasil belajar passing atas bolavoli.

 

Abstract

The growing of knowledge in education asserts teacher to think creative and innovative, so the point of teaching materials can be precisely delivered. Considering the problem that comes up on the surface in SMK Negeri Mojoagung, the hardship which is enwuntered by the students while practicing overhead pass in volleyball. Theretone, the researcher wants to implement a tool that can help teacher in teaching process, the tool itself is taking form in presentation media (powerpoint). The successful of volleyball passing learning can be seen from the student’s learning result which contains three main aspects, such as cognitive, measured by essays, affective, measured by manner scale, and psychomotor, measured by using AAHPER face wall volley test. This research is pristine experiment (True Experimental Design) and also using descriptive-quantitative approach. Sampling technique which is used by the researcher was purposive random sampling. The subject of this study is X class students of Accountancy 3 and they become experiment group, consist 38 students then X Accountancy 4 standing as control group consists of 40 students. According to the result of the study in general, it can be concluded that from the two times of treatment by using the three aspects of learning result which had been done during pre-test and post-test, the study gains the average of overhead pass learning result for the experiment group is 55,65 and 62,22, with deviation standard 7,93 and 7,81, then the average of overhead pass learning result on control group is 53,77 and 57,30 with deviation standard 5,25 and 6,29. According to the result of statistic test, can be derived that the mean difference is= 4,92, Sig=0,003, it means that in α (5%) or 0,05 there are significant differences in the average of Post Test in the learning result of overhead pass between the experiment and control group. In experiment group, the percentage increases up to 11,88%,, meanwhile on control group, it advances 7,37%. So the gap between these two groups is 3,07%. In another hand, the effect of the presentation media itself can be viewed from independent T-test/T-test independent) in the final result of learning or the results on the posttest of the two groups divided by mean from the pretest of control group, in which group is the result of a condition that wasn’t coming from the treatment influence, the number is 8,58%.

Keywords: Presentation media, PowerPoint, Learning result of Overhead pass in volleyball.

Published
2014-11-22
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 43