STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PPKN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMK NEGERI 4 MADIUN

  • Amini Amini PPKn
  • Suharningsih Suharningsih

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan strategi pembelajaran guru PPKn dalam pembentukan sikap toleransi siswa di SMK Negeri 4 Madiun sebagai upaya menumbuhkan kesadaran pentingnya bertoleransi, (2) mendeskripsikan faktor yang menjadi penghambat strategi pembelajaran guru PPKn dalam pembentukan sikap toleransi siswa di SMK Negeri 4 Madiun. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Negeri 4 Madiun. Informan pada penelitian ini adalah guru PPKn serta siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran guru PPKn dalam pembentukan sikap toleransi siswa dengan: (a) Strategi pembelajaran Cooperative Learning model Group Investigasion, Think Pair and Share, Debate, Numbered Head Together dengan metode diskusi. (b) Strategi Pembelajaran Inquiri melalui metode diskusi dan tanya jawab. Untuk menerapkan kedua strategi pembelajaran tersebut menggunakan pola pembiasaan dan modeling. (2) Faktor penghambat strategi pembelajaran guru PPKn dalam pembentukan sikap toleransi siswa pada pola pembiasaan yaitu kurangnya kesadaran secara pribadi dalam diri siswa untuk membiasakan bersikap toleransi dan pembiasaan pengelolaan lingkungan non fisik sekolah yang belum optimal. Sedangkan faktor penghambat pada modeling berasal dari pengaruh teman sebaya yang kurang mengendalikan diri, orangtua yang kurang memberikan teladan dan memperhatikan sikap anak, serta lingkungan masyarakat belum memberikan contoh bersikap toleransi.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru PPKn, Sikap Toleransi.

 

Abstract

The purpose in this research is (1) describe Civics Education’s Teacher learning strategies in the formation of student’s tolerance attitude in SMKN 4 Madiun as an effort to raise awareness of the importance of tolerance, (2) describes inhibiting factor Civics Education’s Teacher learning strategies in the formation of student’s tolerance attitude in SMKN 4 Madiun. This study uses a qualitative research method. Research sites in SMKN 4 Madiun. Informants in this study were Civics Education’s Teacher and students of XI class. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. Data were analyzed through data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that (1) Civics Education’s Teacher use learning strategies in the formation of student’s tolerance attitude to:  (a) learning strategy model of cooperative learning group investigation, Think Pair and Share, Numbered Head Together with the method of discussion. (b) Inquiry Learning Strategies through methods such as discussion and question and answer. To apply both of these learning strategies using the pattern of  habituation and modeling. (2) Factors inhibiting learning strategies Civics Education’s teachers in the formation of students tolerance on the pattern of habituation is the lack of personal awareness in students to familiarize be tolerant and non-physical habituation school environmental management is not optimal. While inhibiting factor in modeling derived from the influence of peers who are less self-controlled, parents are less exemplify attitudes and attention of children, and society remains low to give an example being tolerance.

Keywords: Civics Education’s Teacher Learning Strategies, Tolerence Attitude.

Published
2015-08-24
How to Cite
Amini, A., & Suharningsih, S. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PPKN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMK NEGERI 4 MADIUN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(3), 1094-1112. https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n3.p1094-1112
Abstract Views: 165
PDF Downloads: 153