About
Kajian Moral dan Kewarganegaraan ini merupakan jurnal online yang diterbitkan oleh Program Studi S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Jurusan PMP-KN Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Unesa. Jurnal yang sebelumnya terbit tiga kali dalam setahun, sejak tahun 2022 terbit empat kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November ini memuat hasil-hasil penelitian di bidang kewarganegaraan, pendidikan, ideologi, politik, sosial, humaniora, nilai, dan moral.

Focus and Scope

Jurnal ini gratis (open access) untuk para penulis dan pembaca. Isi jurnal berfokus pada isu atau masalah kewarganegaraan, pendidikan karakter, dan nilai-nilai umum dan ideal yang berkembang dalam masyarakat negara. Ruang lingkup jurnal meliputi kajian teoritik dan penellitian tentang masalah sosial, politik, hukum, dan pendidikan kewarganegaraan, karakter, dan moral masyarakat negara.

Peer Review Process

Semua artikel yang masuk ke Kajian Moral dan Kewarganegaraan (KMKn) akan diseleksi dan direview secara tertutup (blind peer review) oleh (minimum) 2 orang reviewer yang merupakan pakar di bidangnya. Penerimaan artikel bergantung pada kebenaran isi, derajat orisinalitas, kejelasan uraian, dan kesesuaian dengan sasaran jurnal.

Keputusan Dewan Redaksi terhadap artikel yang masuk adalah dapat diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi minor, diterima dengan revisi mayor, atau ditolak. Hasil review artikel oleh reviewer akan diberitahukan kepada penulis melalui email. Penulis diberikan kesempatan untuk merevisi artikelnya sesuai dengan saran reviewer (dan editor) paling lambat 8 minggu setelah email pemberitahuan.

Untuk mencegah plagiasi, seluruh artikel yang masuk akan dicek keasliannya dengan menggunakan software anti-plagiasi Turnitin.

Seluruh proses peer review hingga penerbitan artikel tidak dipungut biaya (no article processing and submission charges). Seluruh artikel yang terbit pada (KMKn) bersifat terbuka (open access) dengan mengikuti lisensi Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International. Lisensi lengkap dapat dilihat disini.

 

Publication Frequency

Kajian Moral dan Kewarganegaraan (KMKn) adalah jurnal peer reviewed yang dikelola dan diterbitkn oleh Jurusan PMPKN FISH Unesa. Terbit secara periodik dua kali dalam satu tahun pada bulan Juni dan Desember.

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Kajian Moral dan Kewarganegaraan

KMKn merupakan jurnal nasional yang fokus pada masalah kewarganegaraan dan perkembangan moral masyarakat negara.

Sponsors

  • Jurusan PMPKN

Journal History

Sesuai dengan rencana strategis prodi PPKn maka dirancang sebuah jurnal yang bernama Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Jurnal ini merupakan jurnal baru yang mewadahi kebutuhan pengembangan ilmu kewarganegaraan yang bersifat sintetic dicipline.