POLA PENGGUNAAN BEASISWA BIDIKMISI PADA MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA ANGKATAN TAHUN 2011

  • Qhoirun Putri Rahayu PPKn
  • I Made Suwanda

Abstract

abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pola penggunaan beasiswa bidikmisi pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial angkatan tahun 2011. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini yaitu mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Fakultas Ilmu Sosial angkatan tahun 2011. Berdasarkan hasil penelitian mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Fakultas Ilmu Sosial angkatan tahun 2011 menggunakan dana beasiswa bidikmisi tersebut untuk memenuhi kebutuhan akademik/kurikuler dan kebutuhan non-akademik/non-kurikuler. Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Fakultas Ilmu Sosial menggunakan dana beasiswa bidikmisi untuk kebutuhan akademik/kurikuler digunakan untuk memenuhi kebutuhan prasarana pembelajaran, kebutuhan rutin pembelajaran, dan kebutuhan  kemahasiswaan/organisasi yaitu sebesar 76,24%. Penggunaan beasiswa bidikmisi untuk kebutuhan non-akademik/non-kurikuler digunakan untuk pemenuh kebutuhan sehari-hari, untuk kebutuhan pakaian/fashion, untuk kebutuhan transportasi, untuk kebutuhan hiburan/rekreasi dan untuk kebutuhan keluarga di kampung yaitu sebesar 23,76%.  Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Fakultas Ilmu Sosial angkatan tahun 2011 menggunakan sebagaian besar dana beasiswa bidikmisi untuk kebutuhan  akademik/kurikuler dan sebagaian digunakan untuk memenuhi kebutuhan non-akademik/non-kurikuler.

Kata Kunci : Beasiswa bidikmisi, Pola penggunaan

 

Abstract

The aim of this study is to describe patterns of use bidikmisi scholarships to students in the Faculty of Social Sciences force in 2011. The theory used in this research is to use the theory of Abraham Maslow's Hierarchy of Needs. The method used in this research is quantitative descriptive. Informants in this study are scholarship students in the Faculty of Social Sciences bidikmisi force in 2011. Data was collected using a questionnaire. Based on the results of the research scholarship students at the Faculty of Social Sciences bidikmisi force in 2011 using the bidikmisi scholarship funds to meet the needs of the academic/curricular and needs of non-academic/curricular. Scholarship recipients at the Faculty of Social Sciences bidikmisi use bidikmisi scholarship fund for the needs of academic/curricular used to meet the infrastructure needs of learning, the learning routine needs, and the needs of the student/organization amounted to 76.24%. Use bidikmisi scholarship to the needs of non-academic/curricular used for fulfilling the daily needs, to the needs of clothing/fashion, for transportation needs, for entertainment/ recreation and for family needs amounted 23,76%. Bidikmisi scholarship recipients at the Faculty of Social Sciences force in 2011 using large part bidikmisi scholarship fund for the needs of academic/curricular and in part used to meet the needs of non-academic/non-curricular.

Keywords: Scholarship bidikmisi, usage patterns

Published
2015-08-24
How to Cite
Rahayu, Q., & Suwanda, I. (2015). POLA PENGGUNAAN BEASISWA BIDIKMISI PADA MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA ANGKATAN TAHUN 2011. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(3), 1160-1174. https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n3.p1160-1174
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 97