STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK TUNADAKSA DI SEKOLAH SEMESTA LHUAR BIASA KABUPATEN MOJOKERTO

  • Haniyatur Rohiva PPKn
  • Rr. Nanik Setyowati

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk karakter anak tunadaksa di Sekolah Semesta Lhuar Biasa Desa Kedungmaling Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di Sekolah Semesta Lhuar Biasa Desa Kedungmaling Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Informan penelitian ini ada 5 orang. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai informan kunci yang selanjutnya adalah guru yang terlibat langsung mengajar anak tunadaksa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif,. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data di analisis menggunakan model interaktif dengan  cara mengumpulkan data, reduksi data atau pengolahan data, penyajian data, pemaparan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan:  strategi guru dalam membentuk karakter anak tunadaksa adalah memberikan keteladanan yang baik agar dapat menjadi contoh bagi anak tunadaksa, memberikan pembiasaan, dengan adanya pembiasaan di sekolah maka anak tunadaksa akan terbiasa dengan yang di ajarkan, menjalin komunikasi yang baik, memberikan nasihat dan teguran kepada anak tunadaksa yang berbuat tidak baik, memberikan hadiah atau reward bagi siswa yang berprestasi.

 

Kata kunci: Strategi Guru, Membentuk Karakter, Anak tunadaksa

 

Abstract

This research about to describe the strategy of teachers in shaping the character of children with physical disabilities in the school of Semesta Lhuar Biasa kedungmaling village Sooko districts Mojokerto regency. This research is qualitative. The location of this research is in the school of Semesta Lhuar Biasa kedungmaling village Sooko districts Mojokerto regency. The informants in this research were the principal as the next key informants are involved directly teachers who teach children with physical disabilities. This type of research is descriptive qualitative. Data were collected by using interview, observation and documentation. The data was analyzed using an interactive model by collecting data, data reduction or data processing, data presentation, presentation, and drawing conclusions. The results showed: the strategy of teachers in shaping the character of children with physical disabilities is to provide exemplary, giving habituation of children with physical disabilities, establish good communication, giving advice and warning to children with physical disabilities who do no good, give a gift or reward for students who excel.Keywords: Strategy Teacher, Shaping Character,  Child quadriplegic.
Published
2015-08-24
How to Cite
Rohiva, H., & Setyowati, R. (2015). STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK TUNADAKSA DI SEKOLAH SEMESTA LHUAR BIASA KABUPATEN MOJOKERTO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(3), 1175-1196. https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n3.p1175-1196
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 61