KONSEP DIRI PELAKU DAN KORBAN BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 1 MOJOKERTO

  • Ayu Puspita Sari PPKn
  • Oksiana Jatiningsih

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri pelaku dan korban bullying pada siswa di SMP Negeri 1 Mojokerto. Teori yang digunakan adalah teori self. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 1 Mojokerto. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan konsep diri antara pelaku dan korban bullying. Pelaku bullying cenderung dilakukan oleh anak laki-laki sedangkan pada korban bullying lebih cenderung pada anak perempuan. Pada pelaku bullying cenderung pada konsep diri negatif. Pada pelaku bullying sulit untuk mengakui perbuatannya yang salah, terlalu percaya diri, dan kurang mampu mengungkapkan perasaannya dengan cara yang wajar. Korban bullying cenderung memiliki konsep diri positif. Korban bullying setelah mendapatkan perilaku bullying merasa sedih, kemudian dia menilai kekurangan pada dirinya yang menyebabkan dirinya dibully dan mencoba untuk memperbaiki kekurangannya sehingga terdapat perubahan yang lebih baik dalam diri korban bullying. Berdasarkan hasil penelitian konsep diri dipengaruhi oleh orang tua, teman sebaya, lingkungan, pengalaman, dan proses belajar.

Kata Kunci: Konsep diri, bullying, pelaku bullying, korban bullying.

 

Abstract

This study aimed to describe self concept of the criminal and victims bullying in SMP Negeri 1 Mojokerto. This study used self theory in its application. In terms of methodology, this study was a deccriptive qualitative. The data was collected through observation, interview, and documentation and it was analyzed by the proposal from Miles and Huberman. The result of this study show that there was a distinction between self concept of the criminal and vicitims of bullying. What is more, there was a tendency that male student acted as the criminal while female students became the injured party. The criminal tend to have the negative sides. The criminal tend hardly to say the truth, act confidently, and express the idea improperly. The victims of bullying tend to have a positive self concept since they were put in the pressure and felt depressed, and then from bullying its self they were able to encourage themselves to perform better. In addition, the concept of self concept was also influenced by the role of parents, peer, environment, experience, and learning process.

Keywords: Self concept, bullying, the criminal of bullying, the victims of bullying.
Published
2015-08-24
How to Cite
Sari, A., & Jatiningsih, O. (2015). KONSEP DIRI PELAKU DAN KORBAN BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 1 MOJOKERTO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(3), 1194-1209. https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n3.p1194-1209
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 90