STRATEGI GURU PPKn DALAM MEMBENTUK PERILAKU ETIS PERGAULAN SISWA SESUAI DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SMAN 1 KRIAN

  • YULIO RAVIAN FRANDANI

Abstrak

Abstrak

                Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru PPKn dalam mengembangkan perilaku etis pergaulan siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di SMAN 1 Krian serta mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami ketika menerapkan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah/wakasek kesiswaan, guru PPKn, dan siswa. Tempat penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Krian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teknik untuk mendapatkan hasil penelitian yang sesuai dengan fokus penelitian. Strategi guru PPKn dalam mengembangkan perilaku etis pergaulan siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila ini dilakukan dengan pengamalan butir-butir nilai Pancasila sebanyak sepuluh butir Pancasila yang mencangkup kelima sila dalam Pancasila. Dalam penerapan strategi-strategi tersebut terdapat hambatan-hambatan yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, pengaruh lingkungan sosial dan media sosial, kurang kesadaran siswa dalam melaksanakan hak dan kewajiban, serta kurangnya perhatian orang tua dalam mendidik anak-anaknya ketika di rumah.

Kata Kunci : strategi guru PPKn, perilaku etis, nilai-nilai Pancasila 

Abstract

The purpose of this study was to describe the strategies that teachers do PPKn in developing socially ethical behavior of students in accordance with the values ​​of Pancasila in SMAN 1 Krian and to describe the barriers experienced when implementing the strategy. This study used a qualitative approach with descriptive methods. Informants in this study is the principal / vice principal of student, PPKn teachers, and students. Where the research was conducted in SMAN 1 Krian. The data collection technique using structured interviews and observation sheet. Data were analyzed using three stages of data reduction, data presentation, and conclusion. Test the validity of using the technique of triangulation of data sources and triangulation techniques to get the results that correspond to the focus of research. Strategy PPKn teachers in developing socially ethical behavior of students in accordance with the values ​​of Pancasila is done with practice grains as much as ten values ​​of Pancasila Pancasila which covers the five principles of Pancasila. In the application of these strategies are obstacles is the lack of awareness of students in practice the values ​​of Pancasila in daily life, the influence of social environment and social media, lack of awareness of students in exercising its rights and obligations, as well as the lack of attention of parents in educating children -anaknya when at home.

Keywords: PPKn teacher strategies, ethical behavior, the values ​​of Pancasila

Diterbitkan
2016-05-19
Abstract Views: 187
PDF Downloads: 255