GAYA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNESA AKIBAT ADANYA ONLINE SHOP JILBAB

  • RISKA NUR DIANA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk gaya hidup konsumtif yang ditunjukkan mahasiswa FISH UNESA dalam berbelanja jilbab secara online dan mengungkap faktor-faktor dominan yang menyebabkan mahasiswa FISH UNESA memilih untuk berbelanja jilbab secara online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori intensionalitas dari Edmund Husserl dan teori masyarakat konsumsi dari Jean Paul Baudrillard. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif dari Huberman dan Miles. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Informan berjumlah delapan mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk gaya hidup konsumtif mahasiswa FISH UNESA dalam berbelanja jilbab secara online meliputi dua nilai yang sangat menonjol yaitu simulakra dan nilai tanda. Faktor-faktor dominan yang menyebabkan pemilihan cara berbelanja jilbab secara online yaitu karena adanya faktor kebutuhan dan faktor prestige, selanjutnya dalam berbelanja jilbab secara online mahasiswa FISH UNESA berperilaku konsumtif karena lebih cenderung mengkonsumsi nilai tanda atau prestige. Hal tersebut membuktikan bahwa konsep intensionalitas bawaan Husserl dan teori masyarakat konsumsi Baudrillard dialami oleh para informan. Mereka dalam memilih cara berbelanja jilbab secara online memiliki intended meaning (makna yang dimaksudkan) kepada suatu objek yang dituju dan dalam kegiatan belanja jilbab secara online banyak mengkonsumsi nilai tanda daripada nilai guna. Selanjutnya saran dalam penelitian ini yaitu diharapkan dapat dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai online shop, tidak hanya pada jenis fashion jilbab tetapi juga pada jenis objek lain yang lebih luas.

Kata kunci : gaya hidup konsumtif, mahasiswi FISH UNESA, online shop jilbab

Abstract

The purpose of this study was to reveal the shape of a consumptive lifestyle that is shown by the FISH UNESA students when buying a jilbab by online and uncover the dominant factors that cause FISH UNESA students choose to buying a jilbab by online. The theory used in this research is the theory of intentionality of Edmund Husserl and consumption society theory of Jean Paul Baudrillard. The approach used in this study is a qualitative research with phenomenological research design. Data analysis techniques in this study using an interactive model analysis techniques of Huberman and Miles. Data collection techniques using observation and interviews. Informants were eight students. The results of this study indicate that the shape of consumer lifestyle UNESA FISH students when buying a jilbab by online covers two very prominent value, it is simulakra and the value of the mark. The dominant factors that cause to buying a jilbab by online is because of need factors and prestige factor, than FISH UNESA students when by a jilbab by online behave consumtive as more likely to consume the value of the mark or prestige. It is proved that the concept of innate intentionality Husserl and society theory Baudrillard consumption experienced by the informants. They choose to buy a jilbab by online had intended meaning (intended meaning) to a target object and the buying a jilbab by online activities consume a lot of value rather than use value mark. Further advice in this study is expected to do further research on the online shop, not only on the type of jilbab fashion but also on other object types broader.

Keywords: consumer lifestyle, student FISH UNESA, jilbab online shop

Published
2016-05-19
How to Cite
NUR DIANA, R. (2016). GAYA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNESA AKIBAT ADANYA ONLINE SHOP JILBAB. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n4.p%p
Abstract Views: 388
PDF Downloads: 492