PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS: STUDI TENTANG PEMBELAJARAN PPKN PADA KELAS VIII TUNAGRAHITA SMPLB-C SLB NEGERI GEDANGAN–SIDOARJO

  • ANNA LUTFAIDAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang mengambil lokasi di SLB Negeri Gedangan-Sidoarjo.Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran kelas VIII Tunagrahita dan siswa tunagrahita kelas VIII. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran PPKn,upaya dan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PPKn, dan solusi dalam mengatasi hambatan pembelajaran PPKn pada anak tungrahita kelas VIII SMPLB-C di SLB Negeri Gedangan-Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan teori belajar kognitivisme Jean Piaget. Dalam proses belajar individu memerlukan kerja sama pada seluruh inderanya untuk berinteraksi dengan lingkungannya sebagaipembentuk makna dan arti yang benar ketika mempresepsikan sesuatu. Pelaksanaan pembelajaran PPKn diawali dengan langkah-langkah penyusunan perencanaan pembelajaran melalui penyusunan program yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang bersangkutan. Pelaksanaan pembelajaran PPKn bagi tunagrahita diberi pelayanan secara individu yaitu tunagrahita sering didekati dan diberi pertanyaan agar siswa mendapat stimulus terus menerus sehingga siswa ABK akan cepat paham terhadap pelajaran.

Kata Kunci :Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Pembelajaran PPKn

 

Abstract

This research uses a descriptive method in SLB Negeri Gedangan- Sidoarjo. The subjects in this study is the teacher of class VIII subjects mental retardation mental retardation and the students of class VIII. The goal in this research is to know how the implementation of PPKn learning, effort and obstacles in the implementation of PPKn, and learning solutions in overcoming barriers to learning PPKn in children tungrahita VIII-C class SMPLB in SLB Negeri Gedangan- Sidoarjo. This research uses theories of learning kognitivisme Jean Piaget. In the individual learning process requires cooperation on the whole sensory-to interact with its environment as a shaper of meaning and the meaning of true when mempresepsikan something. The implementation of  PPKn begins with learning the steps for preparing the planning of learning through the preparation of programs tailored tothe needs of the learners concerned. Implementation of the learning PPKn for mental retardation services are given individually i.e. mental retardation often approached and given questions so that students get a continuous stimulus so that students will understand quickly against her lessons.

Keywords: Children In Need Special (ABK), Learning PPKn

Published
2016-05-19
How to Cite
LUTFAIDAH, A. (2016). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS: STUDI TENTANG PEMBELAJARAN PPKN PADA KELAS VIII TUNAGRAHITA SMPLB-C SLB NEGERI GEDANGAN–SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n4.p%p
Abstract Views: 331
PDF Downloads: 516