STRATEGI PEREMPUAN KEPALA DESA DALAM MENERAPKAN GAYA KEPEMIMPINAN YANG DEMOKRATIS DI DESA KENDAL SEWU KECAMATAN TARIK KABUPATEN SIDOARJO

  • DWI PRASETYONINGSIH

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi perempuan kepala desa dalam menerapkan gaya kepemimpinan yang demokratis di Desa Kendal Sewu Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teori kontingensi kepemimpinan Fred Fiedler. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian merupakan kepala desa, perangkat desa, dan tokoh masyarakat desa Kendal Sewu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh perempuan kepala desa dalam menerapkan gaya kepemimpinan yang demokratis ditinjau dari persepsi, nilai, sikap, dan perilaku perempuan kepala desa. Strategi  yang diterapkan ditinjau dari persepsi meliputi, ikut terjun langsung dalam setiap kegiatan sebagai suatu totalitas kerja, dan Menciptakan suasana harmonis di lingkungan kerja dan lingkungan masyarakat. Ditinjau dari nilai yang dianut meliputi, melakukan kerja sama dengan perangkat desa dan masyarakat dalam melaksanakan tugas, dan mengajak perangkat desa dan masyarakat ikut berkontribusi langsung dalam setiap kegiatan desa. Ditinjau dari sikap meliputi, mengelola hubungan sosial  dengan perangkat desa dan masyarakat berjalan dengan baik tanpa ada batasan, melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan bersama, dan menindak perangkat desa yang melanggar disiplin kerja dengan pendekatan yang edukatif dan korektif. Ditinjau dari perilaku meliputi, menerima kritik dan saran sebagai sarana intropeksi diri, dan memberikan apresiasi terhadap kinerja perangkat desa yang berprestasi. Strategi tersebut digunakan dalam rangka mencapai tujuan bersama masyarakat desa Kendal Sewu yang tercantum dalam visi dan misi pemerintahan desa Kendal Sewu.

Kata Kunci: Strategi, Perempuan Kepala Desa, dan Gaya Kepemimpinan Demokratis

Abstract

This study purposed to describe the strategy of woman as village head in applying the democratic leadership style in the village of Kendal Sewu Tarik District of Sidoarjo. This study used a qualitative approach and Fred Fiedler contingency theory of leadership. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The informants are head village, village officials and village leaders Kendal Sewu. These results indicate that strategy undertaken by woman as village head in applying the democratic leadership style in terms of perceptions, values, attitudes, and behavior of woman as village head. The strategy adopted in terms of perception includes, participated directly in each activity as a totality of work, and Creating a harmonious atmosphere in the workplace and the community. In terms of shared values ​​include, working with village officials and community in implementing the tasks, and invites village officials and community to contribute directly in each village activities. In terms of attitude include, managing social relationships with village officials and society goes well without any restriction, involving the community in decision making with, and crack down on village officials who violate labor discipline with educative and corrective approach. In term of the behavior includes, accepting criticism and suggestions as a means of self introspection, and appreciate the performance of the village officials who excel. The strategy is used in order to achieve common goals of rural communities Kendal Sewu stated in the vision and mission of the village administration Kendal Sewu.

Keywords: Strategy, Woman as Village Head and Democratic Leadership Style

Diterbitkan
2016-07-21
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 97