PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN RASA NASIONALISME PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 KEDIRI

  • DEFA MARTA SELVIA

Abstract

Abstrak

Seiring dengan perkembangan zaman dan arus globalisasi yang masuk secara tidak langsung mempengaruhi rasa nasionalisme pada generasi muda. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme adalah melalui pendidikan di sekolah, salah satunya melalui pelaksanaan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran khususnya PPKn, IPS, Seni Budaya (Musik) dan Bahasa Indonesia dapat meningkatkan nasionalisme. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengidentifikasikan pada tahap perencanaan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mengintegrasikan indikator nasionalisme. Tahapan pelaksanaan pembelajaran dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dengan indikator nasionalisme kebanggaan, penghargaan, kesediaan, solidaritas dan persaudaraan, kecintaan terhadap bangsa dan negara dalam individu sudah disampaikan dengan baik di SMP Negeri 4 Kediri. Kemudian pada tahapan evaluasi rata-rata menunjukkan hasil yang baik karena peserta didik aktif melakukan aktifitas pembelajaran di kelas. Walaupun terdapat mata pelajaran yang belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif tetapi sudah dilakukan upaya yang terbaik yaitu melalui kegiatan diskusi kelompok.

Kata kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Nasionalisme.

Abstract

As the times and the globalization of unavoidable indirectly affect the nationalism for the young generation. One of the best to be followed to grow the spirit of nationalism is through educated at a school, one of which is through presentation weighting. The purpose of this study was to describe the implementation of learning in subjects especially Civic Education, Social Education, Art and Cultural (Music) and the Indonesian laguage can increase the sense of nationalism. This research is a descriptive exploratory study with a qualitative approach. This research identified at the planning stage in the lesson plan to integrate indicators of nationalism. This research identified at the planning stage in the lesson plan to integrate indicators of nationalism. Stages of implementation of learning in order to increase the sense of nationalism with nationalism indicator pride, the award, willingness, solidarity and brotherhood, passion for nation and the country in an individual already delivered well in Junior High School 4 Kediri. Then on stage average evaluation showed good results for learners active doing learning activities in class. Although there are subjects that are not yet using innovative instructional media but it has done its best efforts, namely through group discussions.

Keywords: Implementation of Learning, Nationalism

Published
2016-07-27
How to Cite
MARTA SELVIA, D. (2016). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN RASA NASIONALISME PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 KEDIRI. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n4.p%p
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 153