PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 1 KALIANGET

  • FATHUR ROZI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental dengan model “Pretest-Posttest Control Group Design”. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Populasinya adalah siswa VII dan sampelnya adalah kelas VII B dengan jumlah 36 siswa dan siswa kelas VII G dengan jumlah 36 siswa. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh dua validator, meliputi: 1) Silabus dinyatakan baik, 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dinyatakan baik, 3) Hand out dinyatakan sangat baik, 4) Soal Pretest-Posttest dinyatakan sangat baik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran jigsaw prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut disebabkan terdapat kelebihan dari pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional  prestasi belajar siswa lebih rendah daripada kelas eksperimen. Hal tersebut terjadi karena kelebihan yang ada pada model pembelajaran konvensional hanya terletak pada peran guru sebagai fasilitator dalam pengembangan teori. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Kalianget.

Kata Kunci: Kooperatif Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar.

Abstract

The purpose of this study to analyze the effect of the application of cooperative learning model jigsaw on student achievement. This is an experimental research by using “Pretest-posttest control group design” model. The research was held on the even semester of 2015/2016 academic year. The population is the whole students of class seven and the samples are thirty six students of class seven B and thirty six students of class seven G. The teaching kits used are validated by two experts and the result is that it is valid to be used, showed that: 1) Syllabus declared good, 2) Learning Implementation Plan declared good, 3) Hand out declared very good, 4) Question Pretest-Posttest declared very good. The results of data analysis showed that the experimental class learning model Jigsaw student achievement has increased. This is due to there is an excess of cooperative learning jigsaw. In the control class with conventional learning model student achievement is lower than the experimental class. This happens because the advantages that exist in conventional learning models lies only in the teacher’s role as facilitator in the development of the theory. It can be concluded that there is significant influence implementation of cooperative learning model jigsaw to class VII student achievement in subjects PPKn in SMP Negeri 1 Kalianget.

Keywords: Cooperative Jigsaw, Learning Achievement.

Published
2016-07-28
How to Cite
ROZI, F. (2016). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 1 KALIANGET. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n4.p%p
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 71