PENGARUH PROGRAM TELEVISI TRANS7 “SI BOLANG”  SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS III SDN 1 KEMANTREN KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO

  • LUDVI FANDY PRASTIYO

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh program televisi Trans7 Si Bolang sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn Siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Populasi berjumlah 42 dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-A SDN 1 Kemantren Tulangan Sidoarjo yang berjumlah 21 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan intrumen berupa soal evaluasi dan lembar pengamatan. Analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan adanya program televisi Trans7 Si Bolang sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn siswa. Ini dibuktikan dengan adanya perbedaan antara prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Skor rata-rata prestasi belajar siswa pada pre test sebesar 75,87, sedangkan pada post test, skor rata-rata naik menjadi sebesar 84,84. Pengaruh yang signifikan dibuktikan dengan rumus uji t dengan taraf kesalahan 5%. Dari hasil uji t didapatkan nilai t tabel (15) lebih besar dari t hitung (2,021) sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dengan adanya program televisi Trans7 Si Bolang sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas III SD Negeri Kemantren 1 Sidoarjo. Prestasi belajar siswa meningkat pada semua aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Program Televisi Trans7 Si Bolang, Prestasi Belajar

 

Abstract

The purpose of this study was to clarify the effect Trans7 television program Si Bolang as learning media to achievement learn civics students. This study used quantitative research methods experimental design with one group pretest posttest design. Population total 42 and sample in this study were all students of class III-A SDN 1 Kemantren Reinforcement Sidoarjo totaling 21 students. Data were collected using instruments such as a matter of evaluation and observation sheet. Data analysis using t-test formula. The results of this study prove that there is significant influence their Trans7 television program Si Bolang as a medium of learning for learning civics student achievement. This is evidenced by the difference between student achievement before and after using instructional media. The average score of student achievement on a pre-test of 75.87, while in the post test, the average score rose to Rp 84.84. Significant influence is evidenced by the formula t test with a 5% error level. From the results of the t test obtained t table (15) is greater than t (2.021) thus a significant difference in the presence of a television program Si Bolang Trans7 as a medium of learning for learning achievement Civics third grade students of SDN 1 Kemantren Sidoarjo. Increased student achievement in all aspects of cognitive, affective, and psychomotor.

Keywords: Learning Media, Trans 7 television program Si Bolang, Learning Achievement

Diterbitkan
2016-07-29
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 439