PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN YURISPRUDENSI INKUIRI PADA MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMAN 1 WONOAYU

  • FRIDA INTAN PERMATASARI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Yurisprudensi Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa serta mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Yurisprudensi Inkuri dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Pretest Postest Control Group. Lokasi penelitian di SMAN 1 Wonoayu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMAN 1 Wonoayu, sebagai populasi sebanyak 278 siswa pada kelas XI. Besar sampel ditentukan berdasarkan kelas yang ada  maka sampel yang diperoleh sebanyak 72 sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan angket sdangkan teknis analisis data menggunakan rumus t-test sampel related. Adanya pengaruh yang signifikan dibuktikan dengan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dicapai melalui tes dengan bentuk soal uraian terbuka antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Yurisprudensi Inkuiri dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Yurisprudensi Inkuiri pada taraf kepercayaan 5% yang menunjukkan thitung > ttabel (6,96 > 1,689). Disamping itu aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada kelas eksperimen lebih aktif dibanding kelas kontrol. Hasil efektivitas pembelajaran dengan model Yurisprudensi Inkuiri pada siswa kelas XI IPA 3 dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa adalah positif dengan hasil persentase terbanyak pada jawaban setuju (61,48%).

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Yurisprudensi Inkuiri, Berpikir Kritis

Abstract

The purpose of this research is to analyze the effect of Inkuiri jurisprudence of the learning of critical thinking ability of students as well as knowing the response of students towards the learning model of jurisprudence of the Inkuri in an attempt to increase critical thinking ability of students. This research is quantitative research. In the design of this research uses Quasi Experiment research method with design research Pretest Postest Control Group. Research on location of SMAN 1 Wonoayu. Population and sample in this research are the students of Class XI SMAN 1 Wonoayu, as the population of 278 students in class XI. Large samples are determined based on existing classes then samples obtained as many as 72 samples. The result was collected by using the method of test and question form. The results from quantitative research using the formula t-test sample related. The existence of significant influence is evidenced by the difference the learning outcomes of students who achieved through tests with the reserved descriptions open between class experiments using learning Jurisprudence Inkuiri class control that does not use the learning of Jurisprudence Inkuiri on level of trust 5% indicating thitung > ttabel (6.96 > 1,689). In addition, the activity of the students during the learning process in the classroom experiment more active than the class of the control. The results of the effectiveness of learning with models of the jurisprudence of the Inkuiri at grade XI IPA 3 in an effort to increase the ability of critical thinking students is positive with the largest percentage of results on answers agree (61,48%).

Keyword: Learning Models, Inkuiri Jurisprudance, Critical Thinking

 

Published
2016-08-02
How to Cite
INTAN PERMATASARI, F. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN YURISPRUDENSI INKUIRI PADA MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMAN 1 WONOAYU. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n4.p%p
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 195