PERAN RUMAH BELAJAR DARUL AITAM DI DESA JOHO KECAMATAN WATESKABUPATEN KEDIRI DALAM MEMBERDAYAKAN PEMUDA PUTUS SEKOLAH

  • HERU CAHYONO

Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dari Rumah Belajar Yatim Piatu dan Dlu’afa Darul
Aitam dalam memberdayakan pemuda putus sekolah di Desa Joho Kecamatan Wates Kabupaten Kediri.
Terdapat prosentase cukup besar angka putus sekolah di Desa Joho yang terjadi pada pemuda dan anak
dengan faktor penyebabnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan metode penelitian kualitatif,
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dari pengurus Rumah Belajar
Darul Aitam yang melibatkan lima orang perwakilan dari Darul Aitam. Selanjutnya data dianalisis
mengikuti teknik analisis Miles and Huberman yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data
dan Analisis Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Belajar Yatim Piatu dan Dlu’afa Darul
Aitam telah mengupayakan pemberdayaan bagi pemuda yang mengalami putus sekolah. Selain itu Darul
Aitam juga menangungi anak yatim piatu dan kaum dlu’afa. Anak yang mengalami putus sekolah
diberdayakan dengan cara memberikan bantuan berupa tambahan pendidikan di rumah belajar, pemberian
keterampilan,memberikan modal usaha dengan harapan dapat memiliki kehidupan yang lebih baik.
Keterampilan yang diberikan Darul Aitam berupa keterampilan menjahit, keterampilan memesak,
keterampilan komputer dan keterampilan otomotif.
Kata Kunci: Darul Aitam, Putus sekolah,Pemberdayaan.
Abstract
The purpose of this study is to describe the role of  Darul Aitam in empower youth of attrition at Joho
Wates Kediri East Java, empowerment have included the provide educational assistance and skills. There is
hight prosentation youth dropping out of scholl. Methods used is descriptive qualitative, the data collection
was done by observation, interviews and documentation. Data sources obtained from the local and youth in
Darul Aitam. The result of the study shows that the educational institutions and social Darul Aitam have
seek empowerment for youth dropping out. In addition Darul Aitam also oversee its orphans and the
dlu’afa. Children dropping out empowered by granting assistance and ease to continue their education at
the next up to senior high school to hope having a better life. In addition to providing assistance to continue
their education at the next, Darul Aitam impart skills of sewing, cooking, computer and automotive for boys
that children can be economic independent.
Keywords:Darul Aitam, Dropping out of shcool, empowering.

Diterbitkan
2016-08-02
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 163