STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAKMIR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KOTA KEDIRI

  • YETI ARINA

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembentukan karakter religius siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler takmir serta hambatan dan upaya mengatasinya. Teori yang diguakan yaitu teori pembentukan karakter Lickona (moral knowing, moral feeling dan moral Action). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model huberman dan miles. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembentukan karakter religius aspek ilahiyah (sholat) dengan cara pemberian pengetahuan kajian Islam dan teladan. Untuk (puasa) dengan cara pemberian pengetahuan kajian Islam, pembiasaan pondok ramadhan dan pengawasan antar teman. Untuk (zakat) dengan cara pemberian pengetahuan kajian Islam  dan pembiasaan rutin membayar zakat. Untuk (infaq) dengan cara pemberian pengetahuan kajian Islam dan pembiasaan rutin infaq. Untuk (ngaji Quran) dengan cara pembiasaan ngaji Quran dan khataman Quran. Untuk aspek insaniyah (silaturahim) dengan cara keteladanan, dan pembiasan kegiatan safari lebaran. Untuk (semangat persaudaraan) dengan cara pemberian saran, pembiasaan tour bersama dan membersihkan masjid bersama. Untuk (tepat janji) dengan cara teladan dan aturan. Untuk (husnudzan dan rendah hati) dengan cara pemberian pengetahuan kajian Islam. Untuk (amanah) dengan cara, pemberian tanggung jawab. Untuk (lapang dada) dengan cara pembiasaan kegiatan musyawarah. Untuk (menolong) dengan cara teladan, pembiasaan pembagian zakat  dan daging qurban. Penelitian ini juga mendapatkan hasil mengenai hambatan dan upaya yang dilakukan dalam membentuk karakter religius siswa.

Kata Kunci: Strategi, Karakter Religius dan Ekstrakurikuler Takmir

 

Abstract

This study attempts to described strategy develop the character of religious students in extracurricular takmir activities and obstacles that experienced and efforts to handle it. The method be used is descriptive qualitative. The data collection was done by observation, interviews and documentation. Technique data analysis use the model huberman and miles. The theory used namely the theory develop the character by lickona (moral knowing, moral feeling and moral Action). The result of this research shows that the strategy used to form the character of religious aspects ilahiyah (prayers) by means of the provision of knowledge through Islamic study and modeling. For (fast) by means the provision of knowledge Islamic study, habituation  pondok ramadhan activities and supervision between friend. For the (zakat) by means the provision of knowledge through Islamic study and habituation of the routine activities payment of zakat. For (infaq) by means the provision of  knowledge Islamic study and habituation infaq. For (reading Quran) by means  through Quran reading activities and habituation khataman Quran. On the aspect of insaniyah (silaturahim) by means modeling and habituation safari lebaran. For  (spirit of brotherhood) by giving advice, habituation tour together and habituation clean mosque together. For (right to promise) by means modeling and rules. For (husnudzan and humble) by means give knowledge through the Islamic study. For (amanah) by means the provision of responsibility. For (roomy chest) by means habituation  meeting activities. For (help) by means modelling, habituation the distribution of  zakat and meat qurban. The research also get the result on obstacles and the efforts made in form the character of religious students.

Keywords: Strategy, Character Religious and Takmir Extracurricular

Diterbitkan
2016-08-04
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 100