PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 1 PAKUNIRAN KAB PROBOLINGGO
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan hambatan-hambatan dalam penerapan pembelajaran berbasis masalah di SMP Negeri 1 Pakuniran Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakuniran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Pakuniran Kab Probolinggo.Hal ini bisa dilihat dari t hitung > t tabel dan nilai signifikan < signifikan 0.05. Maka dapat dikatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa. Di dalam proses penerapan pembelajaran berbasis masalah terdapat hambatan-hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya buku referensi yang dimiliki siswa, rendahnya minat baca siswa dan belum terbiasanya siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah.
Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar siswa
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of problem based learning to the learning outcomes and constraints in the implementation of problem-based learning in SMP Negeri 1 Pakuniran. This study uses a quantitative approach . The population in this study were all students of class VIII SMP Negeri 1 Pakuniran. As for the technique of data analysis using t-test . The results showed that there are significant problem based learning to the learning outcomes of students in the subjects of civics in SMP Negeri 1 Pakuniran. This can be seen from the t count> t table and significant value < significantly 0:05. So we can say that the alternative hypothesis ( Ha ) is accepted and the null hypothesis ( Ho ) is rejected. This shows that there are significant problem based learning to student learning outcomes. In the process of implementation of problem-based learning there are obstacles faced is the lack of reference books owned by the students, poor students read and yet familiarity of students with problem-based learning model. Keywords: problem based learning, student results
PDF Downloads: 62