UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK SIKAP DEMOKRATIS PADA ANAKBERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB PUTRA IDHATA DESA GLONGGONG KECAMATAN DOLOPO KABUPATEN MADIUN

  • EVIKA PRATIWI

Abstrak

Abstrak  
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk sikap demokratis pada anak
berkebutuhan khusus di SLB Putra Idhata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk
teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan verifikasi/
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam membentuk sikap
demokratis: (1) kebebasan berpendapat melalui kegiatan pembelajaran yaitu memberikan umpan
pertanyaan, memberikan kesempatan dan tanggap kepada siswa yang akan bertanya, sering menunjuk
siswa untuk menyatakan pendapatnya; (2) kebebasan berpartisipasi, upaya yang dilakukan guru  melalui :
a) kegiatan pembelajaran yaitu guru membentuk kelompok untuk berdiskusi dan memberikan motivasi
siswa agar berperan aktif dalam pembelajaran serta menerima dengan baik pendapat siswa; b) diluar
pembelajaran yaitu guru memberikan pengertian dan menyuruh siswa secara langsung untuk mengikuti
pembentukan piket sekolah, guru menegur siswa apabila tidak mengindahkan arahan guru, memberikan
semangat kepada siswa yang telah  berpartisipasi pada pembentukan piket sekolah berupa nilai tambahan.  
Kata Kunci: guru, sikap demokratis, anak berkebutuhan khusus
 
Abstract
The purpose of this study is to describe the efforts of teachers in building democratic attitude in children
with special needs in SLB Putra Idhata. This study used a qualitatife approach. Data collection techniques
used were observation, interviews and documentation. As for the data analysis techniques using data
collection, data presentation, data reduction and verification / conclusion. The results showed that the
efforts of teachers in shaping the democratic attitude: (1) freedom of expression through learning
activities that provide feedback questions, provide opportunities and responsive to students who will ask,
often refer students to express their opinions; (2) freedom of participation, the efforts of teachers through:
a) learning activities that teachers form groups to discuss and motivate students to take an active role in
learning and receptive to student opinion; b) excluding learning that teachers provide understanding and
asking the students to directly follow the formation picket school, the teacher reprimanded the students if
they are not heeding the direction of the teacher, to encourage students who have participated in the
formation of a picket squads of the school in the form of value added.
Keywords: teacher, attitude democratic, heward

Diterbitkan
2016-08-26
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 197