TUNTUTAN KARAKTER GURU DALAM PERSEPSI STAKEHOLDER SURABAYA DI ERA GLOBAL

  • FITRIA ANJAR SARI

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang tuntutan karakter guru di era global oleh stakeholder Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling dengan informan berjumlah 9 orang dengan rincian informan yakni pengawas SD, pengawas SMP, pengawas SMA, kepala sekolah SD dan kepala sekolah SMA. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara kemudian data dianalisis dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan yakni teori karakter Thomas Lickona tentang tiga komponen penting dalam membangun pendidikan karakter yaitu moral knowing (pengetahuan tentang moral), moral feeling (perasaan tentang moral) dan moral action (perbuatan bermoral). Berdasarkan analisis data, berikut pendapat stakeholder tentang tuntutan karakter guru di era global : (a) Menurut Kepala Sekolah guru harus memiliki karakter yang religius seperti harus tertib ikut solat berjamaah di sekolah, (b) Menurut Pengawas Sekolah guru harus memiliki kewajiban moral untuk menjadi teladan bagi siswa, sedangkan menurut kepala sekolah guru harus senantiasa menjaga sikap dan perilaku didepan siswa, (c) Menurut Pengawas Guru harus memiliki etos kerja yang tinggi dengan selalu melakukan penelitian sedangkan menurut kepala sekolah guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengajar, (d)  Menurut Pengawas Guru harus memiliki karakter yang bersahabat dan cakap dalam bekerja dengan tim, guru harus aktif dalam mengikuti organisasi keprofesian, sedangkan menurut  kepala sekolah guru harus aktif diberbagai seminar dan pelatihan guru (e) Menurut Pengawas guru harus peduli dengan permasalahan dan siswa dan jadi pengontrol siswa, sedangkan menurut kepala sekolah guru harus peduli dengan keberagaman potensi siswa di kelas.

           Kata Kunci: karakter guru, Stakeholder, Era globa

Diterbitkan
2017-01-16
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 95