STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER ANGGOTA EKSTRAKURIKULER KELOMPOK ILMIAH REMAJA (KIR) SMA NEGERI 1 BADEGAN PONOROGO

  • Lastri Winarsih

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai yang ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dalam membentuk karakter anggota ekstrakurikuler KIR, dan mengungkap bagaimana strategi pembinaan karakter terhadap anggota ekstrakurikuler KIR SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo. Pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan rincian informan kepala sekolah, pembina ekstrakurikuler KIR, dan anggota ekstrakurikuler KIR. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan metode pengumpulan data, reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan yakni teori belajar observasional Albert Bandura. Keabsahan data diperoleh dari teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai-nilai yang ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dalam membentuk karakter anggota ekstrakurikuler KIR SMA Negeri 1 Badegan adalah jujur, disiplin,  kreatif, bertanggungjawab, kerja keras dan mandiri percaya diri. Strategi pembinaan karakter anggota ekstrakurikuler KIR melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler KIR, keteladanan, pemberian motivasi dan pembiasaan. Penelitian ini sesuai dengan teori yang digunakan yaitu teori observasional Albert Bandura yang terdiri dari empat tahap. Tahap pertama adalah perhatian yang terjadi ketika pemberian keteladanan dari kepala sekolah dan pembina ekstrakurikuler. Tahap kedua yaitu pengingatan yang terjadi ketika pembina membiasakan anggota ekstrakurikuler mengikuti kegiatan, menaati peraturan dan membuat karya ilmiah secara mandiri. Tahap motivasi terjadi ketika kepala sekolah dan pembina memberikan reward.

Kata Kunci: Pembinaan Karakter, Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja

Diterbitkan
2017-05-12
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 121