PERAN GURU KARAWITAN JAWA DALAM MENUMBUKAN SIKAP NASIONALISME SISWA ANGGOTA KEGIATAN KARAWITAN SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • ODY GANDA KRISTA YUDHA

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini mengungkapkan tentang peran guru karawitan Jawa dalam menumbuhkan sikap Nasionalisme siswa anggota kegiatan karawitan di SMK Negeri 10 Surabaya. Permasalahan yang muncul pada penelitian ini adalah tentang rendahnya kecintaan terhadap budaya lokal remaja Indonesia yang menyebabkan rendahnya sikap Nasionalisme di kalangan remaja Indonesia saat ini. Remaja Indonesia saat ini lebih memilih mencintai kebudayaan asing daripada kebudayaan lokal. Ditengah kondisi yang memprihatinkan tersebut, SMK Negeri 10 Surabaya merupakan salah satu instansi pendidkan yang memberikan pembelajaran karawitan Jawa sebagai bentuk kepedulian terhadap lunturnya sikap Nasionalisme dikalangan remaja saat ini. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori belajar sosial Albert Bandura. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan model deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Negeri 10 Surabaya. Informan penelitian dalam penelitian ini ialah guru karawitan  Jawa SMK Negeri 10 Surabaya. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa peran guru karawitan Jawa SMK Negeri dalam menumbuhkan sikap Nasionalisme siswaanggota karawitan dilakukan dengan cara memberikan pembelajaran teoritik di kelas, memberikan pembelajaran praktik latihan karawitan, memberikan penugasan yang dapat menumbuhkan sikap nasionalisme, serta dengan menampilkan sikap yang dapat dijadikan teladan bagi siswa dalam bersikap.

Kata kunci : Peran guru karawitan, Sikap Nasionalisme, SMK Negeri 10 Surabaya

Diterbitkan
2017-07-24
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 53