POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMAMPUAN ANAK MENGUTARAKAN PENDAPAT DI KELAS TERBUKA SMPN 21 SURABAYA

  • FATIMATURRUSDIYAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan anak mengutarakan pendapat di dalam kelas ditinjau dari pola asuh orang tua.Variabel dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua sebagai variabel bebas dan kemampuan mengutarakan pendapatsebagai variabel terikat.Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian komparasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas terbuka SMPN 21 Surabaya yang berjumlah 96 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik sensus sehingga yang menjadi sampel adalah seluruh populasi dalam penelitian.Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mendapatkan data pola asuh orang tua dan kemampuan mengutarakan pendapat sedangkan observasi untuk mendapatkan data kemampuan anak mengutarakan pendapat.Teknik analisis data menggunakan uji chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga chi kuadrat hitung lebih besar dari tabel (6485,77 ≥ 3,841) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikan α < 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan pola asuh orang tua menyebabkan perbedaan kemampuan anak dalam mengutarakan pendapat.

Kata Kunci: Pola asuh orang tua, kemampuan mengutarakan pendapat

Published
2017-10-11
How to Cite
FATIMATURRUSDIYAH,. (2017). POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMAMPUAN ANAK MENGUTARAKAN PENDAPAT DI KELAS TERBUKA SMPN 21 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(03). https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n03.p%p
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 20