UPAYA SEKOLAH MENUMBUHKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

Authors

  • GALANT IRMA JULANDI
  • SUHARNINGSIH

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n2.p%25p

Abstract

Abstrak

Membaca merupakan sebuah pekerjaan yang produktif dan menyenanglan. Dalam era informasi saat ini kegiatan membaca merupakan kebutuhan vital dan fundamental yang tidak dapat dihilangkan dari dunia pendidikan. Hilangnya kesadaran manusia untuk membaca menjadi masalah penting yang harus terselesaikan. Sehingga, perlu adanya penumbuhan karakter gemar membaca sebagai bagian dari penanaman karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan SMK Negeri 1 Sidoarjo dalam menumbuhkan karakter gemar membaca. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ada empat orang, yakni kepala SMKN1 Sidoarjo, kepala perpustakaan, duta literasi sekolah, waka kurikulum sekolah. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Sidoarjo, Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat enam upaya menumbuhkan karakter gemar membaca siswa, yaitu 15 menit membaca sebelum pelajaran, hutan baca, pojok baca, duta literasi, kunjungan wajib perpustakaan, serta posterisasi sekolah. Upaya yang dilakukan kemudian terealisasi dalam tiga tahapan yakni mengenalkan, melakukan aksi, dan motivasi. Karena ditemukan perubahan perilaku pada siswa yang telah megikuti setiap upaya yang telah dirancang. Akan tetapi, ditemukan kendala berupa kurangnya pengawasan atas setiap upaya yang telah dilakukan. Sehingga hasil penumbuhan karakter gemar membaca tidak ditemukan secara menyeluruh dalam lingkungan SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Kata Kunci: upaya, karakter, gemar membaca, literasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-26

How to Cite

IRMA JULANDI, G., & SUHARNINGSIH. (2018). UPAYA SEKOLAH MENUMBUHKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n2.p%p
Abstract views: 113 , PDF Downloads: 151