Praktik Pendidikan Demokrasi di SMAN 4 Bojonegoro Dalam Membentuk Warga Negara Yang Demokratis

  • ALFA NUR ROHMAH
  • MAYA MUSTIKA KARTIKA SARI

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan praktik pendidikan demokrasi di SMAN 4 Bojonegoro dalam membentuk warga negara yang demokratis yang dilihat melalui proses pembelajaran dan kegiatan sekolah. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 13 orang yakni Kepala Sekolah, guru PPKn, pembimbing ekstrakurikuler dan pembina OSIS serta siswa dalam pembelajaran, anggota ekstrakurikuler dan pengurus OSIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pendidikan demokrasi di SMAN 4 Bojonegoro dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler dan intrakurikuler. Praktik pendidikan demokrasi dalam kegiatan pembelajaran PPKn dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Nilai-nilai pendidikan demokrasi yang tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yakni peduli, ramah, toleransi dan kerjasama. Praktik pendidikan demokrasi dalam kegiatan ekstrakurikuler olimpiade wawasan kebangsaan dan praktik pendidikan demokrasi dalam kegiatan intrakurikuler Organisasi Siswa Intra Sekolah dilihat dari partisipasi, keadilan dan kesetaraan. Partisipasi ditunjukkan dengan siswa aktif mengikuti seluruh kegiatan yang diadakan. Keadilan ditunjukkan dengan proses perekrutan anggota yang dilaksanakan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kesetaraan ditunjukkan dengan tidak membeda-bedakan dalam memilih teman serta semuanya memiliki hak yang sama dalam menyampaikan pendapat.

Kata Kunci: pendidikan demokrasi, warga negara yang demokratis.

Abstract

The purpose of this research to describe the practices of educational democracy in SMAN 4 Bojonegoro in the form of a democratic citizen is seen through the learning process and school events. The which theory used in this research is a social construction theory by Peter L. Berger and Thomas Luckmann. This research used the qualitative approach with a descriptive method. Using data collection techniques interviews, observation and documentation. Informant in this research amounts thirteen peoples are headmaster, teacher of civic education, extracurricular counselor and builder of Intra School Student Organization, students in learning, extracurricular members and board of Intra School Student Organization. The result showed that practices democracy in education SMAN 4 Bojonegoro implemented through learning activities, extracurricular and intracurricular. The practice of educational democracy in civic education learning activities is carried out in accordance with the plan of implementation of the learning. Educational values of democracy that is listed in the plan of implementation of the study are caring, friendly, tolerance and cooperation. The practice of educational democracy in extracurricular activities of Olympic Insight nationality and education practice democracy in the activities of the student Intra School Student Organization seen from participation, justice and equality. Participation demonstrated by active students follow all activities. Justice is represented by a member of the recruitment process is carried out in accordance with their respective capabilities. Equality is demonstrated with students does not discriminate in choosing friends and all have equal rights is included in the stated opinions.

Keywords: democracy education, democartic society.

Published
2018-08-24
How to Cite
NUR ROHMAH, A., & MUSTIKA KARTIKA SARI, M. (2018). Praktik Pendidikan Demokrasi di SMAN 4 Bojonegoro Dalam Membentuk Warga Negara Yang Demokratis. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n2.p%p
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 76