PROSES BERINTERAKSI ANAK-ANAK PENGUNJUNG KAMPOENG DOLANAN DI KENJERAN KELURAHAN SIMOKERTO KECAMATAN SIMOKERTO KOTA SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses interaksi sosial anak-anak pengunjung Kampoeng Dolanan di Kenjeran Kelurahan Simokerto Kecamatan Simokerto Kota Surabaya. Teori yang digunakan adalah teori interaksi sosial Gillin dan Gillin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain diskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di RT 04 RW 02 Kelurahan Simokerto Kecamatan Simokerto Kota Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam memilih informan peneliti menggunakan teknik purposive sampling informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses interaksi dilakukan secara langsung dan dapat dikategorikan asosistif dan disosiatif. Proses interaksi sosial yang asosiatif terjadi ketika mereka berangkat ke Kampoeng Dolanan dengan temannya, berkenalan dengan teman baru, dan saling menyapa teman lama, belajar menunggu giliran bermain, saling merebutkan permainan dengan teman sebayanya dan kegiatan semesta belajar. Sedangkan yang disosiatif terjadi ketika anak-anak berpartisipasi untuk menang lomba balap karung dan lomba tarik tambang dalam permainan.
Kata Kunci: Proses Interaksi Sosial, Anak-anak, Kampoeng Dolanan.
PDF Downloads: 138